SOLOPOS.COM - Presiden Joko Widodo (depan, kanan) didampingi Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (depan, tengah), berkeliling di area penanaman kelapa genjah Desa Giriroto, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Boyolali, Kamis (11/8/2022). (Solopos.com/Ni’matul Faizah).

Solopos.com, BOYOLALI – Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan ke wilayah Soloraya untuk penanaman bibit kelapa genjah, Kamis (11/8/2022) pagi. Agenda dimulai di Dusun Gumuk Rejo, Desa Giriroto, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Boyolali.

Kabupaten Boyolali mendapatkan jatah 46.000 bibit kelapa genjah dari total 200.000 batang bibit yang tersebar di Soloraya. Pencanangan penanaman kelapa genjah di Boyolali dimulai di Desa Giriroto, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Boyolali, Kamis (11/8/2022).

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Bupati Boyolali, M. Said Hidayat, mengungkapkan bibit kelapa genjah selain akan ditanam di Kecamatan Ngemplak juga akan ditanam di dua kecamatan lain.

“[Bibit] kelapa genjah yang dibantukan hari ini akan ditanam di Kecamatan Ngemplak, Andong, dan Wonosamodro,” kata Said kepada wartawan di lokasi penanaman kelapa genjah.

Saat disinggung mengenai keberlanjutan program, setelah kunjungan Presiden di wilayah Soloraya, Kamis, Said mengatakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali bersama dengan Dinas Pertanian Boyolali dan Dinas Ketahanan Pangan Boyolali telah melakukan monitoring secara keseluruhan.

Baca juga: Presiden Jokowi ke Sukoharjo, Ribuan Pekerja PT Sritex Ikut Menyambut

Said mengatakan monitoring dilakukan untuk pembenahan data dan pemetaan ulang. Saat ini Pemkab Boyolali sedang memetakan ulang kecocokan tanam dan layak tanam di suatu wilayah.

“Tidak secara keseluruhan harus ditanam di 22 kecamatan, tapi akan fokus di situ [tiga kecamatan]. Di sisi yang lain, itu akan memberikan daya dukung dari sisi pengembangan agrowisata,” kata Said.

“Artinya, berkaitan dengan pertanian, bukan hanya ketahanan pangan, tapi juga menyangkut perkembangan sisi daya dukung kepariwisataan,” kata dia lagi.

Lebih lanjut, Said mengucapkan selamat datang sekaligus mengucapkan rasa terima kasih atas perhatian Presiden Joko Widodo kepada Pemkab Boyolali dan utamanya petani di Kabupaten Boyolali.

“Harapan kami ke depan, seperti apa yang menjadi tujuan dari pemerintah pusat berkaitan dengan bagaimana ketahanan pangan, khususnya di Kabupaten Boyolali mampu kita jaga bersama,” harap Said.

Baca juga: Kunjungi Boyolali, Jokowi Ajak Warga Tanam Kelapa Genjah hingga Cabai

Sementara itu,  dalam kunjungannya, Presiden Joko Widodo mengatakan di wilayah Soloraya tak hanya Boyolali yang akan mendapatkan bibit kelapa genjah.

Jokowi mengatakan Kabupaten Karanganyar akan mendapatkan 44.000 bibit kelapa genjah. Sedangkan Kabupaten Sukoharjo mendapatkan 110.000 bibit kelapa genjah.

Jokowi mengatakan penanaman kelapa genjah sedang dilakukan Kementerian Pertanian sebagai cara untuk memproduktifkan kembali lahan-lahan yang selama ini tidak produktif.

“Nanti hasilnya setelah dua sampai dua setengah tahun, satu pohon bisa produksi 180 buah dalam setahun,” kata dia.

Baca juga: Ini Manfaat Kelapa Genjah, Tanaman Andalan Presiden Jokowi di Sukoharjo

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya