SOLOPOS.COM - Pengusaha muda, Machmud Lutfi Huzain (kanan) menyerahkan bantuan kompor gas kepada Ketua Ponpes Barokah, Mukhtar Hartanto (kedua kiri) di ponpes setempat di Nandan, Desa Sidorejo, Bendosari, Sukoharjo, Jumat (8/4/2022). (Solopos/Bony Eko Wicaksono)

Solopos.com, SUKOHARJO – Seorang pengusaha muda, Machmud Lutfi Huzain, berinisiatif menyalurkan bantuan berupa 80 unit kompor gas kepada pengurus pondok pesantren (Ponpes) Barokah di Nandan, Desa Sidorejo, Kecamatan Bendosari, Sukoharjo, Jawa Tengah.

Kompor gas itu dibagikan ke setiap masjid di wilayah Sukoharjo, Bendosari, dan Nguter untuk menopang kegiatan iktikaf pada 10 malam terakhir saat Ramadan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Penyerahan bantuan puluhan kompor gas secara simbolis dilakukan di Ponpes Barokah, Jumat (8/4/2022) sore hari. Proses penyerahan bantuan kompor gas dilakukan langsung oleh Machmud kepada Ketua Ponpes Barokah, Mukhtar Hartanto.

Baca juga: View-nya Ciamik, Gunung Gajah Mungkur bakal Jadi Ikon Wisata Sukoharjo

Diketahui, saat 10 malam terakhir Ramadan, umat muslim melakukan kegiatan iktikaf yang menjadi salah satu amalan di Bulan Puasa. Peserta iktikaf mengasingkan diri dari segala urusan duniawi dan menggantinya dengan mendekatkan diri dengan Allah SWT dengan sepenuh hati.

“Bantuan kompor gas ini bagian dari wujud kepedulian terhadap para santri maupun umat muslim yang akan melakukan iktikaf pada 10 malam terakhir saat Ramadan. Mereka tak perlu keluar masjid untuk mencari makanan dan minuman. Peserta iktikaf bisa masak di sekitar masjid,” kata Machmud, saat berbincang dengan Solopos.com, Jumat petang.

Memasak Makanan dan Minuman

Owner Puncak Gajah Mungkur itu menyampaikan setelah digunakan para peserta iktikaf, kompor gas itu bisa dimanfaatkan oleh pengurus takmir atau jamaah untuk memasak makanan dan minuman sehari-hari.

Baca juga: Berburu Pahala dengan Iktikaf di Masjid Kota Solo, Apa Saja Amalannya?

Dengan kata lain, bantuan kompor gas tersebut bisa bermanfaat jangka panjang. Machmud berharap bantuan kompor gas itu benar-benar bermanfaat terutama saat bulan puasa.

“Saya ingin mempererat tali silaturahmi dengan para pengasuh dan santri. Ramadan menjadi bulan suci penuh berkah yang harus diisi dengan kegiatan-kegiatan positif untuk membantu sesama umat muslim,” ujar dia.

Sementara itu, Ketua Ponpes Barokah, Mukhtar Hartanto, mengapresiasi penyaluran bantuan kompor gas untuk menopang kegiatan iktikaf pada bulan puasa. Kompor gas itu bakal dibagikan kepada pengurus takmir masjid di wilayah Bendosari, Sukoharjo, dan Nguter untuk kegiatan iktikaf.

Baca juga: Kompor Listrik Vs Kompor Gas, Hemat Mana?

Mukhtar menyampaikan pengurus ponpes bakal memberikan santunan kepada anak yatim, kaum duafa, kelompok jompo, dan penyandang disabilitas pada pekan depan. “Kami berharap Ramadan menjadi momentum untuk membangun ukhuwah Islamiyah dan meningkatkan kepedulian terhadap sesama,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya