SOLOPOS.COM - Gelandang Bayern Munich, Franck Ribery (kanan) dan striker Borussia Dortmund, Robert Lewandowski (kiri), saling berebut bola pada babak pertama laga final Liga Champions di Stadion Wembley, London, Minggu (26/5/2013) dini hari WIB. JIBI/SOLOPOS/Reuters

Ekspedisi Mudik 2024

Gelandang Bayern Munich, Franck Ribery (kanan) dan striker Borussia Dortmund, Robert Lewandowski (kiri), saling berebut bola pada babak pertama laga final Liga Champions di Stadion Wembley, London, Minggu (26/5/2013) dini hari WIB. JIBI/SOLOPOS/Reuters

LONDON – Duel final Liga Champions antara Borussia Dortmund dan Bayern Munich berlangsung cukup ketat. Hingga akhir babak pertama, kedua tim belum mampu menciptakan gol dan mengakhiri 45 menit babak pertama dengan skor kacamata alias 0-0

Duel bertajuk der klassiker di Stadion Wembley, Minggu (26/5/2013) dini hari WIB, berlangsung dalam tempo sedikit lambat di awal laga. Munich yang memegang kendali lebih awal bermain sedikit hati-hati. Skuat Jupp Heynckes itu bahkan tak jarang melakukan backpass untuk memancing Pasukan Kuning-Hitam keluar dari sarangnya.

Di sisi lain, Dortmund tampil spartan. Meski dianggap underdog, skuat besutan Juergen Klopp ini tak tampak terlihat canggung.

Alhasil Die Borussen, julukan Dortmund, justru banyak menciptakan peluang. Bahkan saat laga baru memasukki menit ketiga striker Dortmund, Robert Lewandowski, sudah mampu melepaskan tembakan ke gawang Manuel Neuer. Tapi, tendangan masih bisa diblok Jerome Boateng dan hanya menghasilkan sepak pojok.

Di sisi lain, Bayern tampak kesulitan membongkar pertahanan Dortmund. Beberapa kali upaya Arjen Robben dan Franck Ribery masih mampu dihalau Neven Subotic maupun Mats Hummels.

Pada menit ke-13, Dortmund mampu membuat peluang. Lagi-lagi melalui tendangan Lewandowski dari luar kotak penalty, namun mampu ditepis Neuer. Selang satu menit, ancaman bagi Neuer kembali dating. Kali ini lewat Blaszczykowski. Namun, sepakan kapten Timnas Polandia ini lagi-lagi bisa dimentahkan Neuer.

Memasukki menit ke-25, Bayern mulai mampu memberikan tekanan. Mario Mandzukic menciptakan peluang lewat tandukannya. Namun, usaha striker internasional Kroasia ini masih mampu ditepis kiper Dortmund, , Weidenfeller, dan hanya menghasilkan sepak pojok.

Selang lima menit, Bayern kembali mendapat peluang emas. Sayang, Robben menyianyiakan peluangnya, meski tinggal berhadap-hadapan dengan Weidenfeller, namun penyerang asal Belanda ini gagal mengoyak gawang Dortmund.

Kedua kubu, yang memainkan pola sama, 4-2-3-1 ini, saling memperlihatkan serangannya. Namun, baik Dortmund yang lebih mengandalkan kecepatan, sementara Bayern, yang cenderung melakukan ball possession, tak mampu menciptakan gol hingga akhir babak pertama. Kedudukan pun berakhir dengan skor sama kuat 0-0.

Terlepas dari penampilan apik barisan penyerang, kedua kubu juga memperlihatkan kesolidan di lini belakang. Terlebih masing-masing kiper di kedua kubu, baik Neuer di Bayern dan Weidenfeller di Dortmund, tampil sama-sama mengkilap. Berulang kali keduanya mampu melakukan penyelamatan gemilang.

Susunan Pemain

BORUSSIA DORTMUND (4-2-3-1)

Weidenfeller (Gk); Subotic, Hummels, Piszczek, Schmelzer; Bender, Gundogan; Reus, Blaszczykowski, Grosskreutz; Lewandowski

BAYERN MUNICH (4-2-3-1)

Neuer (Gk); Dante, Boateng, Alaba, Lahm; Javi Martinez, Schweinsteiger; Ribery, Muller, Robben, Mandzukic

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya