Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Borong Penghargaan, Tokopedia Jadi Marketplace Favorit UMKM

Tokopedia terpilih menjadi e-commerce favorit UMKM di penghargaan Selular Award 2022.
SHARE
Borong Penghargaan, Tokopedia Jadi Marketplace Favorit UMKM
SOLOPOS.COM - Para penerima Selular Award 2022. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO Perusahaan teknologi Indonesia bagian dari Grup GoTo, Tokopedia, kembali harum namanya. Tokopedia berhasil menyabet empat penghargaan dalam Selular Award di kategori UMKM’s Most Favorite e-Commerce atau e-Commerce Favorit UMKM.

Selular Award adalah ajang penganugerahan kepada industri telekomunikasi dan teknologi dan sudah digelar 19 kali sejak kali pertama digelar pada 2003 silam. Pada 2022 ini, Selular Award mengangkat tema Winning in Digital Ecosystem.

PromosiNimo Highland, Wisata Hits di Bandung yang Mirip Santorini Yunani

Apresiasi dari Selular Award itu menjadikan Tokopedia sebagai marketplace terbaik di Indonesia.

Keempat penghargaan yang diraih adalah Most Trusted Brand, UMKM’s Most Favorite e-Commerce, Best e-Commerce, dan Excellence in Performance untuk Co-Founder dan Vice Chairman Tokopedia, Leontinus A Edison.

Tokopedia memang menjadi favorit para pelaku UMKM untuk berdagang selama ini. Hal itu itu tak lepas dari komitmen Tokopedia untuk terus fokus Go Local untuk mendorong pertumbuhan ekonomi digital di daerah.

Baca Juga: 5 Tips Membeli Handphone Android Bekas Supaya Tidak Tertipu Penjual

Inovasi yang juga selalu digaungkan Tokopedia adalah inisiatif Hyperlocal. Inisiatif ini hadir untuk menjawab salah satu tantangan UMKM, yaitu menjangkau lebih banyak masyarakat di berbagai penjuru Indonesia.

Selain itu, penghargaan yang diraih oleh perusahaan teknologi asal Indonesia ini juga selaras dengan program Tokopedia yang selalu membantu pelaku UMKM lokal agar terus relevan dengan perkembangan zaman dan menjadi juara di negeri sendiri.

Inisiatif Hyperlocal ini juga bertujuan mendukung UMKM di daerah mendapatkan panggung yang seluas luasnya. Tokopedia yang mengedepankan teknologi geo-tagging akan mendekatkan pembeli dengan pedagang terdekat di domisili mereka.

Salah satu program dari inisiatif Hyperlocal adalah Waktu Indonesia Belanja (WIB) Lokal. Program festival belanja WIB dan WIB Lokal diadakan setiap tanggal 25 hingga akhir bulan.

Dengan program itu, para pedagang di daerah bisa mendapatkan sorotan lebih dari pembeli dalam kampanye WIB Lokal.

Baca Juga: Cara Meningkatkan Omzet & Performa di Tokopedia, Enggak Sulit Kok!

Program berikutnya adalah Kumpulan Toko Pilihan (KTP) yang mendekatkan pembeli dengan pedagang terdekat dengan fitur geo-tagging. Dengan begitu, UMKM bisa memiliki peluang untuk tumbuh dan bangkit.

Ada pula program Tokopedia NOW!, yakni pelayanan yang membantu masyarakat mendapatkan produk kebutuhan sehari-hari, termasuk sembako, dengan jaminan akan tiba maksimal dua jam setelah pembayaran.

Di sisi lain, layanan Dilayani Tokopedia yang merupakan pelayanan pemenuhan yang memungkinkan pedagang di Tokopedia menitipkan stok produk di gudang pintar di berbagai daerah, terutama di wilayah dengan jumlah permintaan tinggi.

Dengan Dilayani Tokopedia, Tokopedia berkomitmen untuk menyediakan pengiriman yang terpercaya, cepat, dan gratis ke seluruh negeri.

Saat ini, gudang pintar Dilayani Tokopedia tersebar di Jakarta, Bandung, Surabaya, Makassar, Medan, Palembang dan akan terus bertambah di kota lainnya guna mendukung inisiatif Hyperlocal.

Sejalan dengan inisiatif Hyperlocal, Tokopedia yang sudah meraih banyak penghargaan juga berkolaborasi dengan mitra strategis untuk memberikan solusi dan pelatihan komprehensif dan terfokus untuk pelaku UMKM.

Baca Juga: Orang Solo Suka Belanja Gadget di Tokopedia, Seller Untung 2 Kali Lipat

Tidak hanya di kota besar, Tokopedia juga fokus ke berbagai daerah di Indonesia.

Tokopedia juga membuka edukasi kepada pedagang melalui Obrolan Seller Tokopedia, yakni suatu talk show yang disiarkan secara live di Tokopedia Play.

Melalui fitur itu, pedagang bisa mendapatkan ilmu seputar bisnis dan fitur Tokopedia yang bermanfaat untuk keberlangsungan bisnis di Tokopedia.

Ada pula webinar dan beragam kelas-kelas edukasi yang rutin digelar Tokopedia untuk memberikan edukasi kepada UMKM mengenai cara berdagang yang efektif.

Tokopedia juga menyediakan laman khusus untuk mengedukasi seller, yaitu Pusat Edukasi Seller Tokopedia. Laman ini dirancang untuk menjadi wadah bagi seller Tokopedia untuk bisa mendapatkan banyak informasi terbaru seputar berjualan di Tokopedia, fitur-fitur terbaru, dan cara menggunakannya.

Baru-baru ini, Tokopedia juga telah menggelarkan Kelas Perempuan Maju Digital di Bali yang bertujuan untuk mendorong kapasitas pelaku UMKM Indonesia, terutama UMKM perempuan, lewat pemerataan pengetahuan berbisnis agar dapat bersaing di era digital.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Part of Solopos.com
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode