SOLOPOS.COM - Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo memberikan sambutan saat acara penutupan Porseni NU Tingkat Nasional 2023 di Solo, Sabtu (21/1/2023). (Solopos.com/Ichsan Kholif Rahman)

Solopos.com, SOLO—Kontingen Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur keluar sebagai juara umum Pekan Olahraga dan Seni Nahdlatul Ulama (Porseni NU 2023) Tingkat Nasional di Solo. PWNU Jatim mencatatkan 21 medali emas, 13 perak, dan 20 perunggu dari total 7 cabang olahraga dan 3 cabang kesenian yang dipertandingkan.

“Urutan pertama adalah Jawa Timur, dengan mendapatkan 21 medali emas, 13 perak, dan 20 perunggu,” kata Ketua Porseni NU 2023 Nusron Wahid, dalam upacara penutupan Porseni di Sritex Arena Solo, Sabtu (21/1/2023).

Promosi Banjir Kiper Asing Liga 1 Menjepit Potensi Lokal

Posisi kedua diraih oleh PWNU DKI Jakarta dengan catatan 13 emas, 8 perak, dan 9 perunggu. Selanjutnya, peringkat ketiga diraih tuan rumah Jawa Tengah dengan meraih 7 emas, 11 perak, 16 perunggu

Penyerahan piala dan hadiah uang tunai pun langsung diserahkan kepada para pemenang. Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menyerahkan piala beserta hadiah uang tunai Rp25 juta kepada PWNU Jakarta sebagai juara ketiga.

Selanjutnya, PWNU Jateng yang meraih juara kedua mendapatkan piala serta hadiah uang tunai Rp50 juta. Hadiah diserahkan oleh Sekjen PBNU Syaifullah Yusuf alias Gus Ipul.

Terakhir, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo menyerahkan piala serta uang tunai Rpl100 juta kepada PWNU Jawa Timur yang keluar sebagai juara pertama.

Nusron Wahid mengucapkan selamat kepada para pemenang dan seluruh atlet yang telah meraih medali. Ia juga bersyukur Porseni NU yang berlangsung pada 13-22 Januari 2023 berjalan lancar tanpa ada halangan besar.

Nusron juga berterima kasih kepada semua pihak yang sudah menyukseskan ajang yang kali pertama digelar ini. Ucapan terima kasih dia berikan kepada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming selaku tuan rumah.

Nusron juga mengucapkan terima kasih kepada Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan seluruh jajaran kepolisian yang turut membantu dan mengamankan acara. Ia juga berterima kasih kepada Menteri BUMN Erick Thohir dan sejumlah BUMN yang turut mensponsori acara.

Pada ajang Porseni NU ini, sebanyak 3.643 putra putri madrasah dari tiap PWNU daerah berkompetisi menjadi yang terbaik. Para putra-putri NU yang berkompetisi terdiri atas usia 18-23 tahun atau jenjang SMA sederajat hingga perguruan tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya