SOLOPOS.COM - Ilustrasi Candi Borobudur. (Dok. Solopos.com)

Solopos.com, MAGELANG — Borobudur Night Carnival (BNC) bakal digelar di kawasan Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah (Jateng), Sabtu (27/8/2022) malam. Kegiatan ini diharapkan mampu mendorong geliat ekonomi masyarakat di kawasan Candi Borobudur.

“Kegiatan ini juga diharapkan dapat menghidupkan suasana malam di kawasan Borobudur,” ujar Camat Borobudur, Subiyanto, Kamis (25/8/2022).

Promosi Oleh-oleh Keripik Tempe Rohani Malang Sukses Berkembang Berkat Pinjaman BRI

Ia menyampaikan Borobudur Night Carnival nantinya diikuti 20 desa di Kecamatan Borobudur dan 11 kabupaten/kota di Jateng.

“Kegiatan ini sudah kami rumuskan sejak awal supaya geliat ekonomi masyarakat segera berlari kencang,” katanya.

Dalam kaitannya dengan pengendalian Covid-19, pihaknya tetap berhati-hati. Setiap tim dari desa maupun kabupaten/kota, masing-masing dibatasi 50 peserta dan mereka harus sudah mendapat vaksin penguat atau booster.

Baca juga: Car Free Night di Borobudur Segera Dimulai, Ini Ruas Jalan yang Ditutup

Ia menyampaikan Borobudur Night Carnival akan digelar mulai pukul 19.00 WIB hingga pukul 24.00 WIB. Rutenya akan dimulai dari Lapangan Kujon hingga Terminal Borobudur, yang menempuh jarak sekitar 1,5 kilometer.

Subiyanto menuturkan Borobudur Night Carnival atau BNC kan menggaungkan kehidupan malam di Borobudur. Dengan kegiatan malam itu, ia berharap kunjungan wisatawan di kawasan Candi Borobudur semakin meningkat.

Ide menggelar BNC ini sebenarnya sudah ada sejak 2018 lalu. Tujuannya, untuk meramaikan kehidupan malam di Borobudur sehingga masa tinggal wisatawan atau lenght of stay (LOS) menjadi lebih lama.

Baca juga: Angkat Pariwisata Lokal, Mandiri Jogja Marathon 2022 Siap Digelar

“Ketika lama tinggal wisatawan di Borobudur lebih lama harapannya para pedagang, PKL, penyedia jasa hiburan ini akan semakin banyak bersentuhan dengan para pengunjung. Insyaallah rupiah-rupiah juga akan datang,” jelasnya.

Ia menyampaikan kondisi malam hari di Borobudur semula belum begitu ramai. Namun, setelah ada kawasan strategis pariwisata nasional (KSPN) dengan lampu-lampu di kanan kiri jalan di kawasan Borobudur sekarang sudah ramai. Mulai dari PKL dan ada kegiatan baru menyewakan sepeda listrik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya