SOLOPOS.COM - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, hadir dalam acara peluncuran Borobudur Maraton 2022 di Kantor Pusat Bank Jateng, Minggu (22/5/2022). (Solopos.com-Adhik Kurniawan)

Solopos.com, SEMARANG – Borobudur Marathon bakal kembali digelar tahun ini. Event tahunan yang turut menyajikan keindahan Candi Borobudur ini akan digelar pada 12-13 November 2022.

Pelaksanaan Borobudur Marathon 2022 ini pun akan dimeriahkan dengan berbagai rangkaian acara yang nantinya diikuti ribuan peserta.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ketua Yayasan Borobudur Marathon, Liem Chie An, mengatakan event tahunan ini akan diawali dengan Borobudur Elite Race 2022 yang digelar pada 12 November. Ajang ini akan diikuti 55 atlet profesional dengan menempuh jarak mencapai 42,195 kilometer (km).

Selain itu, pihak penyelenggara juga akan menghadirkan inovasi baru melalui Borobudur Marathon Young Talent, yang merupakan program talent scout untuk mengumpulkan atlet muda berpotensi dengan cut off time terbaik di setiap kabupaten atau kota. Borobudur Marathon Young Talent ini akan menempuh jarak 10 km dan digelar selama dua hari, yakni 12-13 November.

Ekspedisi Mudik 2024

Lebih lanjut, pelari yang telah terdaftar dalam Bank Jateng Tilik Candi juga akan berlomba di rute half marathon 21,097 kilometer. Penyelanggara menyebut telah menyiapkan ketentuan dan detail informasi lainya yang akan dikomunikasikan secara berkala kepada setiap pelari.

Baca juga: Sukses, Borobudur Marathon 2021 Kenalkan Bank Jateng Tilik Candi

“Akhir dari rangkaian event, ditutup dengan Borobudur Marathon Fun Run, lari bersama sejauh tiga kilometer yang akan diikuti 1.000 warga Magelang. Menghadirkan partisipasi masyarakat Magelang untuk berlari bersama, sebagai tanda apresiasi dan rasa terima kasih penyelenggara. Tentunya, warga Magelang sudah siap menyambut para peserta, warga sudah rindu,” ujar Liem saat peluncuran Borobudur Marathon 2022 di Kantor Bank Jateng, Kota Semarang, Minggu (22/5/2022).

Libatkan UMKM

Tak hanya sampai disitu, partisipasi masyarakat Magelang juga diwujudkan dalam program Pawone yang mengajak pelaku UMKM turut berpartisipasi. “Program olahraga sekaligus sport tourism yang akan berkolaborasi dengan UMKM, hingga turut andil di sini [Borobudur Marathon 2022] melalui Pawone,” terang Direktur Utama (Dirut) Bank Jateng, Supriyanto

Sementara itu, Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, menyampaikan Borobudur Marathon bisa menjadi pemicu kebangkitan ekonomi, wisata dan sebagai ruang kaderisasi atlet lari jarak jauh di Jateng maupun Indonesia.

Baca juga: Berikut Daftar Pemenang Borobudur Marathon 2021

“Hari ini rasa-rasanya situasi jauh lebih baik. Sekarang kita launching dan mudah-mudahan nanti perserta yang dulu ingin ikut dan belum dapat, bisa ikut. Mudah-mudahan target 5.000 [peserta] bisa tercapai,” ujar Ganjar.

Menurut Ganjar, ramainya antusiasme masyarakat dan pelari yang saangat tingi terhadap Borobudur Marathon 2022 bisa membuat ajang tahunan ini diikuti hingga 10.000 peserta. Meski demikian, ia meminta penyelenggara tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) pencegahan Covid-19 secara ketat.

“Tetapi kita akan lihat dulu, catatan pertambahan kasus covid. Kalau enggak, kita akan buka [penambahan peserta]. Hari ini kita launching, dugaan saya setelah ini dibuka mungkin beberapa jam atau hari sold out,” imbuhnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya