Bonus Ratusan Juta Rupiah Menanti Atlet Wonogiri Peraih Medali PON Papua

Pemberian bonus sebagai bentuk konkret dan komitmen pemerintah dalam memberikan nilai dukungan dan apresiasi kepada atlet berprestasi.
Bonus Ratusan Juta Rupiah Menanti Atlet Wonogiri Peraih Medali PON Papua
SOLOPOS.COM - Pelepasan atlet dan pelatih yang akan berlaga di PON XX dan Peparnas XVI Papua 2021, di Ruang Khayangan Setda Wonogiri, Jumat (24/9/2021). (Solopos-M. Aris Munandar)

Solopos.com,WONOGIRI — Pemerintah Kabupaten Wonogiri menyiapkan bonus ratusan juta rupiah bagi para atlet Wonogiri yang mendapatkan medali pada ajang Pekan Olahraga Nasioanal atau PON XX Papua 2021, 2-15 Oktober mendatang.

Pada Jumat (24/9/2021), berlangsung Pelepasan atlet dan pelatih Kabupaten Wonogiri yang akan berlaga di PON XX dan Pekan Paralimpik Nasional (Perpanas) XVI Papua 2021, di Ruang Khayangan Sekretariat Daerah Kabupaten Wonogiri.

Diketahui, sebanyak tiga atlet dan satu pelatih dari Kabupaten Wonogiri akan memperkuat kontingen Jawa Tengah dalam PON XX 2021. Sebanyak lima atlet dari Wonogiri juga bakal berlaga di ajang Peparnas XVI 2021.

Baca juga: Waspada! Semua Wilayah di Wonogiri Rawan Bencana Longsor, Ini Buktinya

Bupati Wonogiri, Joko Sutopo, mengatakan atlet yang bisa meraih medali emas akan mendapatkan bonus sebesar Rp100 juta, medali perak sebesar Rp75 juta dan medali perunggu sebanyak Rp50 juta.

Dukungan dan Apresiasi

Menurut dia, pemberian itu dilakukan sebagai bentuk konkret dan komitmen pemerintah dalam memberikan nilai dukungan dan apresiasi kepada atlet berprestasi. Dalam rangka itu pemerintah harus bisa memberikan kebijakan konkret. Wujud kebijakan konkret diwujdukan dengan pemberian bonus.

“Mohon maaf, bersamaan dengan pandemi ada dimensi berbeda terkait anggaran. Jangan dilihat dari nilai atau angka. Tapi di dalamnya ada semangat kebersamaan, nilai sportivitas dan komitmen untuk yo nyawiji berprestasi untuk Wonogiri,” kata pria yang akrab disapa Jekek itu.

Baca juga: Banyak Pemohon BPUM di Wonogiri yang Tak Lolos, Ternyata Ini Penyebabnya

Bonus yang diberikan, kata dia, murni dari anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) Wonogiri. APBD diambilkan dari anggaran perubahan yang berasal dari dana bagi hasil pajak sebesar Rp2 Miliar.

Setelah dokomunikasikan ke beberapa pihak, mereka mempunyai pemahaman yang sama bahwa pemerintah wajib mengapresiasi dan mendukung para atlet berprestasi.

Jekek menuturkan atlet yang berlaga pada PON XX 2021 saat pulang tidak mendapat medali akan tetap mendapatkan apresiasi dari Pemkab. Pemberian bonus akan dilakukan dan disesuaikan dengan kemampuan APBD.

“Itu apresiasi secara umum bagi atlet kami yang mampu menunjukkan talenta dan dedikasi bisa bertanding di tingkat nasioanal. Targetnya yang penting menjadi terbaik. Semoga mendapat medali,” kata Jekek.

Baca juga: Jhon Underground: Pemuda Wonogiri yang Punya Misi Mengenalkan Kampung Halaman lewat Media

Atlet karate asal Wonogiri yang akan berlaga di PON XX Papua 2021, Aliffa Milanisty, mengaku senang dan gembira bisa bertemu dengan Bupati beserta jajarannya sebelum bertolak ke Papua untuk berlaga.

“Kami mohon pamit dan minta doa restu kepada semua pihak dan masyarakat Wonogiri. Mudah-mudahan dari bumi Wonogiri sampai ke Bumi Cenderawasih diberi keselamatan dan pulang membawa medali emas,” kata dia.

Warga Dusun Simpar Wetan RT 001/RW 008, Desa Gemawang, Kecamatan Girimarto, itu mengucapkan terimakasih kepada Pemkab Wonogiri yang telah memberikan duku gan penuh. Ia berharap momen seperti itu terus dilakukan demi kemajuan olahraga di Wonogiri.

“Dengan kerja keras dan semangat kami dalam berlatih, semoga saat pulang nanti bisa membawa nama baik sesuai dengan mimpi kami, membawa medali,” kata Aliffa.

Daftar Atlet dan Pelatih Wonogiri pada ajang PON XX Papua:

1. Damar Rizqi Wibowo (Atlet Judo)
2. Laila Nurul Humairoh (Atlet Karate)
3. Aliffa Milanisty (Atlet Karate)
4. Sutarto (Pelatih Judo)
5. Kemis (Technical Support Paralayang)

Kontigen Wonogiri pada Peparnas XVI Papua:

1. Arif Wirawan (Atlet Panahan Kelas W2)
2. Winanto (Atlet Panahan Kelas Standing)
3. Wahyudi (Atletik Kelas F.55)
4. Taufik Abdul Karim (Atlet Blind Judo Kelas B.3)
5. Sutadi (Atlet Tenis Meja Kelas TT 7)

Berita Terkait
    Promo & Events
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago