SOLOPOS.COM - Ilustrasi ziarah kubur. (Freepik)

Solopos.com, SOLO – Sejumlah orang biasanya berbondong-bondong melakukan ziarah ke makam orang tua sebelum memasuki Ramadan. Namun bolehkah melakukan ziarah saat puasa di Bulan Ramadan?

Dikutip dari laman resmi Nahdlatul Ulama (NU), Nu.or.id, Selasa (19/4/2022), tidak ada larangan dan tidak ada perintah ziarah di hari-hari tertentu dalam Islam.

Promosi BRI Catat Setoran Tunai ATM Meningkat 24,5% Selama Libur Lebaran 2024

Imam Harawi dalam Syarh Shahih Muslim menjelaskan tidak ada hadis shahih yang menerangkan ketentuan hari untuk melakukan ziarah kubur dan tidak pula ada pembatasan berapa kali ziarah.

Dengan begitu, bolehkah umat Islam melakukan ziarah kubur saat puasa Ramadan? Menurut NU, ziarah kubur saat puasa di Bulan Ramadan tidak dilarang.

Baca Juga: Hukum Mencukur Bulu Kemaluan Saat Puasa, Bolehkah?

Ziarah kubur membuat manusia dapat mengambil hikmah untuk mengingat kematian. Bahkan Nabi Muhammad SAW pernah bersabda ada keutamaan hari bagi seorang anak untuk berziarah ke makam orang tua mereka.

“Barang siapa yang ziarah ke makam kedua orang tuanya atau salah satunya pada setiap hari Jumat, Allah akan mengampuni dosa-dosanya dan mencatat sebagai bakti dia kepada orang tuanya,” begitu bunyi hadis riwayat Hakim.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya