SOLOPOS.COM - Ilustrasi minum teh. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Rasa malas bangun dan makan membuat sejumlah orang hanya minum teh saat sahur. Apakah hal ini boleh dilakukan? Simak ulasannya di tips sahur kali ini.

Saat sahur hanya minum teh manis tak cukup bila kamu ingin mendapatkan manfaat optimal dari berpuasa selama bulan Ramadan. Demikian diungkapkan Pakar Gizi Klinik dari Rumah Sakit Ciptomangunkusumo Dr. dr Fiastuti Witjaksono MSc, MS, Sp.GK.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Saya sering menemukan orang yang sahur hanya minum teh biar gampang, malas bangunnya, mengunyah makanan tengah malam. Itu tidak boleh dilakukan kalau kita mau mendapatkan manfaat yang optimal saat puasa Ramadan,” kata dia dalam sebuah acara daring, dikutip dari pangan.sariagri.id pada Selasa (19/4/2022).

Baca Juga: Bolehkah Makan Mi Instan Saat Sahur? Ini Penjelasannya

Fiastuti yang tergabung dalam Perhimpunan Dokter Spesialis Gizi Klinik Indonesia mengatakan, saat sahur sebagai awal dari puasa Ramadan, kamu membutuhkan jumlah asupan makanan dan minuman yang cukup dan lengkap.

Maksudnya yakni, makanan harus mengandung sumber karbohidrat seperti nasi, oat, kentang atau bihun, protein seperti ikan, ayam, telur, tahu dan tempe dan sedikit minyak untuk menimbulkan rasa enak pada makanan. Selain itu, sebaiknya ada sayur dan buah tinggi serat untuk menimbulkan rasa kenyang yang lebih lama.

“Kuncinya [buah dan sayur] supaya tidak kelaparan, haus, perbanyak konsumsi sayur dan buah,” kata Fiastuti.

Baca Juga: Ini Risiko Makan Buru-Buru Saat Sahur Mepet Imsak

Nah bagi kamu yang ingin minum teh saat sahur atau buka puasa sebaiknya perhatikan peraturannya yaitu sebaiknya jangan pakai gula dan pilihlah teh hitam.  Selain nikmat untuk dikonsumsi, minuman teh juga memiliki beragam manfaat yang baik untuk kesehatan.

Berikut ini manfaat teh hitam seperti dikutip dari alodokter.com pada Selasa (19/4/2022):

1. Menjaga kesehatan jantung

Studi menunjukkan bahwa rutin mengonsumsi teh hitam setidaknya 3 gelas setiap hari dapat menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung. Manfaat ini berasal dari senyawa flavonoid yang berperan baik dalam menjaga kesehatan jantung.

2. Menurunkan kolesterol jahat

Teh hitam maupun teh hijau merupakan salah satu jenis minuman penurun kolesterol alami yang baik dikonsumsi secara rutin. Hal ini karena kedua jenis teh tersebut mengandung sejumlah katekin, yaitu senyawa golongan flavonoid yang bermanfaat untuk mengurangi penyerapan kolesterol jahat (LDL) dalam darah.

Baca Juga: Ini Deretan Makanan Pengganti Nasi Saat Makan Sahur

3. Menjaga kadar gula darah

Mengonsumsi teh hitam tanpa gula dinilai dapat menurunkan risiko terjadinya diabetes, terutama diabetes tipe 2. Hal ini berkat peran senyawa flavonoid jenis katekin dan teaflavin yang diduga mampu meningkatkan kadar dan fungsi insulin dalam tubuh, sehingga membuat kadar gula darah menjadi lebih mudah terkontrol.

4. Melancarkan peredaran darah

Senyawa flavonoid yang terkandung dalam teh diketahui dapat melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh dan menjaga kesehatan dinding pembuluh darah. Tak hanya itu, kandungan senyawa tersebut juga diduga dapat mencegah pembentukan plak di pembuluh darah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya