Bolehkah Buka Puasa dengan Es Teh Manis?
Solopos.com|lifestyle

Bolehkah Buka Puasa dengan Es Teh Manis?

Buka puasa dengan es teh manis sepertinya terasa menggiurkan bukan?

Solopos.com, SOLO--Setelah 12 jam lebih menahan haus dan lapar, sepertinya  ide yang bagus buka puasa dengan es teh manis. Tapi benarkah minuman ini cocok diminum setelah hampir seharian kita menahan haus dan lapar?

Simak ulasannya di tips kesehatan kali ini. Sebenarnya, boleh tidak sih berbuka puasa dengan es teh manis? Menurut Manager of Nutrifood Research Center, Felicia Kartawidjaja, minum es teh manis untuk berbuka puasa boleh dilakukan. Hanya saja, dengan jumlah yang terbatas dan tidak berlebihan.

"Berbuka dengan yang manis itu boleh, karena kan memang kita seharian sudah berpuasa kemudian perlu mengembalikan energi. Jadi boleh berbuka dengan yang manis, misalkan dalam hal ini es teh manis. Tapi perlu diingat, jumlahnya jangan berlebihan," kata Felicia dalam acara Virtual Media Gathering 2021, sebagaimana melansir laman detikcom, Selasa (13/4/2021).

Namun, alih-alih berbuka puasa dengan es teh manis, Felicia menyarankan untuk memilih menu berbuka yang lebih sehat, seperti buah-buahan. Selain dapat mengembalikan energi, buah-buahan juga kaya akan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, sehingga nutrisi yang hilang saat berpuasa dapat kembali.

Baca Juga: Sinar Matahari Melemahkan Covid-19 Delapan Kali Lebih Cepat

"Tapi, kalau misalkan mau menu bukanya yang lebih sehat, yang disarankan itu kurma. Karena kurma itu kan buah-buahan, kalau buah-buahan itu kaya akan nutrisinya, vitamin, dan mineral terus ada seratnya juga. Jadi bukan hanya manisnya, tetapi nutrisinya juga terpenuhi," lanjutnya.

Sebelum memutuskan buka puasa dengan es teh manis secara terus menerus, ketahui sederet efeknya bagi tubuh sebagaimana melansir laman motherandbaby.com:

1. Sulit dicerna lambung

Setelah menahan lapar dan dahaga selama kurang lebih 13 jam, minuman  menyegarkan tubuh seperti es teh manis memang jadi lebih menggiurkan saat buka puasa. Akan tetapi, mengonsumsi minuman dingin saat berbuka puasa akan lebih lama terserap oleh lambung.

Hal ini karena lambung membutuhkan proses penyesuaian suhu untuk dapat mengusir rasa haus dan menggantikan cairan tubuh. Akibatnya, asam lambung akan naik ke esofagus dan menyebabkan nyeri pada lambung.

2. Waspadai kadar gula

Kandungan gula dalam es teh manis memang tidak masalah jika dikonsumsi bagi orang dengan kondisi tubuh yang sehat, karena selama berpuasa biasanya kadar gula darah turun dengan signifikan. Minum es teh manis saat berbuka diharapkan bisa mengembalikan keseimbangan kadar gula darah di tubuh.

Meskipun begitu, terlalu banyak atau sering mengonsumsi es teh manis justru bisa berbahaya bagi kesehatan karena meningkatkan risiko terkena diabetes tipe 2. Hal ini tidak lain karena kandungan gula dalam es teh manis yang sangat tinggi, apalagi jika yang digunakan adalah pemanis buatan.

3. Memicu kenaikan berat badan

Setelah mengonsumsi minuman manis, kita sebaiknya tidak keterusan mengonsumsi makanan manis, seperti kue atau biskuit. Jika kita melakukannya saat buka puasa, bisa jadi hal ini malah akan memicu peningkatan berat badan dengan signifikan.

Baca Juga: Waduh! Vaksin Pfizer Tak Mempan Lawan Varian Corona Afrika Selatan

4. Membuat kembung dan bahaya untuk ginjal

Selain bisa menyebabkan perut kembung karena kebanyakan minum, terlalu banyak minum es teh manis saat buka puasa dikhawatirkan juga bisa menyebabkan masalah pada organ ginjal. Hal ini disebabkan oleh tingginya kandungan asam oksalat di dalam teh. Jika dikonsumsi terlalu banyak, dikhawatirkan kandungan ini akan mengendap di dalam ginjal dan akhirnya meningkatkan risiko terkena batu ginjal yang menyakitkan.

5. Rentan terkena dehidrasi

Selain kandungan gulanya, es teh manis ternyata merupakan minuman yang kaya akan kandungan kafein. Kandungan kafein pada teh manis justru akan membuat tubuh kita mudah mengalami dehidrasi. Jadi, jika seseorang langsung minum es teh manis ketika berbuka, alih-alih kebutuhan cairannya terpenuhi, tubuhnya rentan terkena dehidrasi akibat kafein di dalam teh.




Berita Terkait
Indeks Berita
Promo & Events
Terpopuler

Espos Premium
Berita Terkini
Indeks

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago