[ X ] CLOSE

Bolehkah Akad Nikah 2 Kali, Seperti yang Dilakukan Billar dan Lesti?

Kira-kira bolehkah akad nikah 2 kali dalam ajaran agama Islam, seperti yang dilakukan pasangan selebritis Rizky Billar dan Lesti Kejora?
Bolehkah Akad Nikah 2 Kali, Seperti yang Dilakukan Billar dan Lesti?
SOLOPOS.COM - Lesti Kejora dan Rizky Billar. (Instagram/@lestykejora)

Solopos.com, SOLO — Bolehkah akad nikah 2 kali menurut Islam seperti yang dilakukan oleh pasangan selebritis Tanah Air, Rizky Billar dan Lesti Kejora?

Beberapa waktu lalu, publik dikejutkan dengan pengakuan Billar dan Lesti yang mengaku telah melakukan nikah siri pada awal 2021.

Hal ini untuk menjawab tudingan Lesti Kejora hamil di luar nikah. Pasalnya, mereka menikah secara resmi baru pada 19 Agustus 2021 lalu.

Baca Juga: Penuh Misteri, Pembantaian Libatkan PKI di Solo Terhenti Banjir 1966?

Ustaz Subki juga menegaskan bahwa mereka menikah siri pada awal 2021. Kala itu, Billar meminang Lesti secara agama dengan menggunakan emas kawin senilai Rp75.000. “Itu duitnya adalah duit saya Rp75.000 pecahan 21 lembar pas ada itu di rumah saya. Menikah dulu. Mereka kenal dua bulan pertama masih, terus pas bawakan acara religi, terus ya sudah dekat ‘ente kalau sudah dekat, nikah sudah’,” beber dia, sebagaimana telah diberitakan Solopos.com sebelumnya.

Akan tetapi, bolehkah melakukan akad nikah 2 kali seperti yang dilakukan Billar dan Lesti?

Baca Juga: Selain Tukul Arwana, Ini Anak Artis Lainnya yang Jadi Polisi & Tentara

Selama ini banyak yang beranggapan akad nikah yang dilakukan 2 kali akan membatalkan akad nikah yang pertama. Padahal hal tersebut belum tentu kebenarannya.

Menyadur dari situs resmi Nahdlatul Ulama atau NU, Imam al-Bukhari dalam kitabnya pernah meriwayatkan sebuah hadis, yang artinya sebagai berikut.

Baca Juga: 4 Lokasi Pembantaian Libatkan PKI di Solo, Nomor 3 Baru Tahu?

“Abu ‘Ashim bercerita kepada kami dari Yazid bin Abu Ubaid dari Salamah ia berkata, “Nabi membaiat kami di bawah sebuah pohon. Beliau berkata kepada, “Ya, Salamah, tidakkah engkau ikut berbaiat?” Aku menjawab, “Aku telah berbaiat di yang pertama ya Rasulullah.” Beliau bersabda, “Yang kedua,” bunyi hadis tersebut.

Untuk menjawab bolehkah akad nikah 2 kali seperti yang dilakukan Billar dan Lesti, NU mengutip kitab Fathul Bari dari penjelasan Imam Ibnu Hajar Al-Asqali. Adapun penjelasannya, bahwa dari hadis tersebut dapat diambil kesimpulan, mengulangi akad dalam pernikahan dan perkara lainnya tidaklah merusak akad yang pertama.

Baca Juga: Apa Doa untuk Kehilangan Barang Agar Cepat Kembali Menurut Islam?

 

 

 



Berita Terkait
    Promo & Events
    Ekspedisi Ekonomi Digital 2021
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago