SOLOPOS.COM - Sejumlah pengunjung berjalan di antara penginapan D'Lawu Bistro dan Mountain Cottage di Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar. (Istimewa)

Solopos.com, KARANGANYAR — Pelaku usaha pariwisata, baik itu restoran maupun penginapan di kawasan wisata Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah menyambut positif kebijakan pemerintah perihal mudik Lebaran 2022.

Seperti diketahui pemerintah pusat melalui Satgas Penanganan Covid-19 menerbitkan Surat Edaran (SE) No.16/2022 tentang Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri Pada Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019. SE itu berlaku efektif mulai 2 April 2022.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Baca Juga : Jateng Jadi Tujuan 21,3 Juta Pemudik, Begini Kesiapan Polda Jateng

Inti dari SE terbaru itu pemerintah mengizinkan masyarakat yang sudah melaksanakan vaksin booster Covid-19 untuk mudik 2022. Pemerintah menyebut hal itu sebagai bentuk kepercayaan terhadap masyarakat.

Kebijakan pemerintah memperbolehkan masyarakat mudik Lebaran 2022 itu disambut positif para pengusahan rumah makan dan tempat penginapan di Kabupaten Karanganyar. Mereka seolah mendapatkan angin segar setelah dua tahun terakhir pengusaha restoran maupun penginapan di kaki Gunung Lawu itu sepi pengunjung. Hal itu imbas dari larangan mudik.

Baca Juga : Buruan! 10.171 Tiket KA Lebaran di Wilayah KAI Semarang Sudah Dipesan

“Ini keputusan [pemerintah] yang bagus. Bagi kami ini menjadi signal untuk bersiap menyambut Lebaran nanti,” kata pengusaha resto dan penginapan di Kawasan Karanganyar, Katno Hadi, melalui siaran pers yang diterima Solopos.com, Minggu (3/4/2022).

Pihaknya mengaku telah menyediakan 58 kamar penginapan untuk menyambut wisatawan yang ingin menikmati momen Lebaran di wilayah pegunungan. Menurutnya, animo masyarakat mengunjungi kawasan wisata di Gunung Lawu tinggi.

Baca Juga : Catat! Ini Syarat Mudik Lebaran ke Sukoharjo

Terbukti, hingga saat ini banyak reservasi menginap di kawasan Tawangmangu. Tak hanya itu, pengunjung resto juga sudah memesan tempat untuk buka puasa bersama maupun momentum Lebaran nanti.

“Pemesanan sudah banyak. Namun, diawal-awal puasa ini kami ingin berbenah terlebih dahulu dengan merapikan cottage maupun resto agar pengunjung lebih nyaman saat datang ke sini,” ujar pria yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Senkom itu.

Baca Juga : 21,3 Juta Perantau Bakal Mudik ke Jawa Tengah

Selain melakukan perbaikan, ia menyebut tengah menyiapkan lahan parkir yang mampu menampung ratusan mobil. Hal itu merujuk imbauan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar yang mewanti-wanti agar kendaraan pengunjung tidak meluber hingga badan jalan.

Tak hanya itu, wahana permainan juga disediakan di kawasan tersebut. “Jadi, di kawasan ini nantinya komplet. Akan ada penginapan, resto hingga wahana permainan anak. Jadi pengunjung enggak perlu kemana-mana.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya