SOLOPOS.COM - Sebuah meme menyindir Facebook, Instagram dan WhatsApp yang tengah mengalami gangguan, Senin (4/10/2021). (Gambar: Twitter)

Solopos.com, SOLO – WhatsApp sebagai bagian dari grup Facebook tak luput dari masalah gangguan sejak Senin (4/10/2021) malam. Sekitar tujuh jam WhatsApp mati suri, ternyata ada informasi penyebab hal ini bersumber dari orang dalam yang bocor.

WhatsApp secara resmi mengumumkan masalah gangguan pada Senin malam sekitar pukul 23.00 WIB. Mereka mengumumkan upaya perbaikan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

WhatsApp berbagai versi sudah tak bisa digunakan alias error mulai sekitar sejam sebelum pengumuman itu.

“Kami menyadari bahwa beberapa orang mengalami masalah dengan WhatsApp saat ini. Kami sedang berupaya untuk mengembalikan semuanya menjadi normal dan akan mengirimkan pembaruan di sini sesegera mungkin. Terima kasih atas kesabaran Anda!,” tulis akun resmi WhatsApp di twitter.

Baca Juga: Skenario WhatsApp, Bisa Putar Suara Sambil Chatingan dengan yang Lain

Baru pada Selasa pagi, WhatsApp mengeluarkan pengumuman resmi susulan mengenai telah pulihnya aplikasi mereka. “Mohon maaf untuk semua yang belum bisa menggunakan WhatsApp hari ini. Kami mulai perlahan dan hati-hati membuat WhatsApp berfungsi kembali,” tulis WhatsApp, masih di twitter, selasa Pukul 06.17 WIB.

“Terima kasih banyak atas kesabaran Anda. Kami akan terus memberi Anda informasi terbaru ketika kami memiliki lebih banyak informasi untuk dibagikan,” tulisan terusan di akun itu.

Permintaan maaf serta pemberitahuan telah pulihnya aplikasi juga disampaikan secara resmi oleh Instagram dan WhatsApp melalui akun resmi mereka. Namun tak satupun apikasi yang menginduk di Facebook itu menuliskan alasan mendasar tentang penyebab kejadian gangguan itu.

Baca Juga: Down Semalam, Begini Cara Facebook Minta Maaf

Seperti diberitakan Solopos.com sebelumnya, Arsitek Teknis sekaligus Manajer di Facebook, Mike Schroepfer juga telah menyampaikan permintaan maafnya. “Permintaan maaf kepada semua orang yang terkena dampak penghentian layanan yang didukung Facebook saat ini,” tulis Mike melalui akun twitternya, Selasa dini hari.

Mike juga mengakui pihaknya mengalami masalah jaringan dan berjanji segera mengatasi hal itu. ”Kami mengalami masalah jaringan dan tim bekerja secepat mungkin untuk men-debug dan memulihkan secepat mungkin,” tambah Mike.

Ada informasi yang beredar mengenai kesalahan teknis sebagai penyebab mati surinya Facebook, Instagram maupun WhatsApp itu.

Baca Juga: Anji Beli Ganja via Instagram, Akunnya Bisa Ditutup?

Seorang jurnalis investigasi independen yang juga bergerak dalam masalah cybercrime, Brian Krebs mengatakan errornya layanan grup Facebook ini disebabkan oleh teknis pembaruan rutin yang salah.

“Dari sumber terpercaya: Orang di dalam pemulihan FB mengatakan pemadaman itu berasal dari kesalahan pembaruan BGP. Tapi pembaruan terblokir oleh kendali arak jauh yang tengah melakukan perubahan, orang-orang yang memiliki akses fisik tak memiliki akses jaringan. Jadi pemblokiran dilakukan dari kedua uungnya,” tulis Brian Krebs di akun twitternya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya