SOLOPOS.COM - Komunitas sukarelawan Bocahe Mas Tuntas menggelar lomba balap sampan di Desa Sadulang, Kecamatan Sapeken, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, Senin dan Selasa (14-15/11/2022).(Istimewa)

Solopos.com, SUKOHARJO — Komunitas sukarelawan Bocahe Mas Tuntas menggelar lomba balap sampan di Desa Sadulang, Kecamatan Sapeken, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, Senin dan Selasa (14-15/11/2022).

Penasihat panitia lomba balap sampan, Fajeri, saat dihubungi Solopos.com, Selasa (15/11/2022), mengatakan lomba balap sampan tersebut digelar untuk melestarikan tradisi masyarakat.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

“Karena lomba sampan sudah menjadi tradisi tahunan atau ikon desa setempat, perlombaan sampan sudah dilakukan sejak lima tahun sebelumnya,” ujar Fajeri yang juga berdomisili di desa tersebut.

Dia menjelaskan lomba balap sampan yang digelar di pantai tersebut diikuti oleh 30 peserta. Mayoritas peserta yang mengikuti perlombaan adalah para nelayan yang sering menggunakan sampan sebagai alat transportasi sehari-hari.

“Kami berasal dari kepulauan. Kami Bocahe Mas Tuntas yang memang berdomisili di kepulauan. Kebetulan para peserta balapan sampan rata-rata para nelayan yang bekerja menggunakan sampan dengan mesin 6,5 Pk [Paarden Kracht],” lanjutnya.

Baca Juga: Selamat! Empat Ganda Putra Jadi Pemenang Purbajaya Badminton Cup 1

Dari perlombaan tersebut diambil empat pemenang yang terdiri atas juara I mendapat trofi dan hadiah uang tunai Rp1,5 juta, juara II mendapat trofi dan uang Rp1 juta, juara III mendapat trofi dan uang tunai Rp500.00, serta juara IV mendapat uang tunai Rp250.000.

Berdasarkan cerita Fajeri, perlombaan yang digelar komunitas Bocahe Mas Tuntas itu menarik perhatian masyarakat sekitar yang antusias ikut menyaksikan. “Dibandingkan ajang lomba sebelumnya, perlombaan kali ini sangat meriah,” lanjut Fajeri.

Selain lomba balap sampan, Bocahe Mas Tuntas sebelumnya juga menggelar kegiatan lain. Komunitas Bocahe Mas Tuntas Kartasura, Sukoharjo, mengadakan bakti sosial berbagi sarapan gratis bagi masyarakat di Gumpang, Kartasura, Minggu (30/10/2022).

Selain itu, Bocahe Mas Tuntas juga ikut mendukung kompetisi badminton Purbajaya Cup 1 yang digelar di Graha Purba Wijaya, Dusun 2, Purbayan, Baki, Sukoharjo pada 7-12 November 2022.

Baca Juga: Bocahe Mas Tuntas Dirikan Basecamp di Mayang, Baki, Sukoharjo

Tentang Komunitas Bocahe Mas Tuntas

Komunitas Bocahe Mas Tuntas telah berdiri selama dua tahun dan telah memiliki sejumlah cabang dengan berbagai kegiatan dan usaha masing-masing, seperti angkringan, yang sebagian dananya disisihkan untuk kegiatan bakti sosial.

Fajeri mengatakan Bocahe Mas Tunas dari Desa Sadulang, Kecamatan Sapeken, Kabupaten Sumenep siap mendukung Tuntas Subagyo dalam berbagai kegiatan. Menurut Fajeri, sosok Tuntas merupakan salah satu tokoh baru yang dibutuhkan oleh masyarakat.

“Beliau adalah tokoh yang luar biasa, sehingga kami merasa simpati dan mendukung tiap pergerakan beliau, terutama dibentuknya beberapa basecamp Bocahe Mas Tuntas yang diharapkan dapat memberikan manfaat,” lanjut Fajeri.

Sebelumnya, pendiri komunitas sekaligus pendiri Partai Kedaulatan Rakyat (PKR), Tuntas Subagyo, mengadakan sosialisasi dan launching basecamp Bocahe Mas Tuntas (BMT) di Foodcourt Joglomas di Mayang, Gatak, Sukoharjo, Minggu (13/11/2022) malam.

Tuntas mengatakan PKR yang resmi dideklarasikan sejak 28 Oktober 2021 ini saat ini masih berjuang di Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) terkait kepesertaan Pemilu 2024.

Baca Juga: Rumah di Purbayan Sukoharjo, Tuntas Subagyo Gali Potensi Daerah Lewat Olahraga

Saat ini, PKR sudah memiliki banyak basecamp di seluruh Indonesia. Basecamp itu sudah berdiri di Sumatra, Madura, Papua, Sumatra Barat hingga beberapa daerah lain.

“Basecamp itu berdiri sebagai tempat interaksi, berkumpul, bermusyawarah. Harapannya di kampus juga akan berdiri basecamp dari sana untuk pusat kegiatan. Karena BMT menyasar ke semua kalangan. Ada komunitas pemancing, petani, nelayan dan lainnya tergantung dari wujud basecamp-nya,” terang Tuntas.

Dia mengatakan antusias BMT cukup luar biasa, masyarakat diakomodasi untuk berkarya dan berkreasi. Di sisi lain selama bisa dan benar pihaknya akan terus berjuang untuk turut berpartisipasi dalam Pemilu 2024 mendatang.

Tuntas menguraikan pemimpin pilihannya tentu yang berjiwa amanah, bertanggung jawab, dan juga bisa bersinergi dengan rakyat. Meski demikian dia mengatakan belum memiliki nama khusus untuk dicalonkan sebagai pemimpin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya