SOLOPOS.COM - Ilustrasi hepatitis akut misterius. (Freepik.com)

Solopos.com, TULUNGAGUNG – Hepatitis akut misterius kembali diduga menjadi penyebab meninggalnya seorang anak perempuan berusia tujuh tahun di Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur.

Kabar ini diungkapkan oleh Dinas Kesehatan Tulungagung. “Ya… sudah konfirmasi [hepatitis akut misterius],” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tulungagung, dr Kasil Rokhmat di Tulungagung, Sabtu (7/5/2022) seperti dilansir dari Bisnis.com.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Menurutnya, pasien anak yang tidak disebut identitasnya ini sebenarnya sempat mendapat perawatan intensif di RSUD dr. Iskak Tulungagung. Namun, penyebabnya dan sumber hepatitis dari mana belum diketahui.

Dari hasil laboratorium, tidak terdeteksi virus hepatitis A, B, C, D, maupun E. Dia menyatakan konfirmasi positif ini sesuai dengan kriteria Kementerian Kesehatan dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Baca Juga: Dinkes Wonogiri Ingatkan Masyarakat Waspada Terhadap Hepatitis Akut

Kriteria itu antara lain ada gejala penyakit kuning, berusia di bawah 10 tahun, dan tidak ada penyebab lain. Gejala yang muncul adalah demam, diare, urine berwarna lebih pekat dan feses berwarna pucat.

Ia menjelaskan, temuan kasus ini berawal saat pasien mengalami demam dan muntah-muntah sekitar empat hari. Pasien sempat diperiksakan ke RS swasta, namun tidak kunjung sembuh dan akhirnya dirujuk ke RSUD dr. Iskak.

Kemudian, pada Jumat (6/5/2022), pasien dinyatakan meninggal dunia. Dari dugaan sementara, hepatitis akut ini ada hubungannya dengan adeno virus. Virus ini diyakini ditularkan melalui makanan dan minuman yang tingkat higienitasnya rendah, papar Kasil.

Baca Juga: Belum Ada Kasus Hepatitis Akut di Klaten, Dinkes Sarankan Ini

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul: Seorang Anak Meninggal di Tulungagung, Diduga Alami Hepatitis Akut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya