SOLOPOS.COM - PT Bank Negara Indonesia (BNI) akan melebarkan layanan ke dunia metaverse. (Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA — PT Bank Negara Indonesia (BNI) (Persero) Tbk. atau BBNI berencana menerbitkan dua seri obligasi berwawasan hijau atau green bond. Total nilai pokok keduanya sekitar Rp5 Triliun.

Dalam perbaikan prospektus, green bond yang dirilis perusahaan berkode saham BBNI itu memiliki dua seri. Seri pertama adalah Seri A dengan nilai pokok Rp4 triliun, dengan tingkat bunga 6,35% per tahun.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kemudian seri kedua adalah Seri B dengan jumlah pokok yang ditawarkan sebesar Rp1 triliun dengan tingkat bunga 6,85% per tahun.

Ekspedisi Mudik 2024

Tenor atau jangka waktu untuk Seri A sekitar tiga tahun sejak tanggal emisi. Green bond ini akan dilakukan secara penuh sebesar 100% dari jumlah pokok Green Bond Seri A yang jatuh tempo pada 21 Juni 2025.

Baca Juga: Bank Mandiri (BMRI) Siapkan Rp1 Triliun Lunasi Obligasi

Sementara untuk Seri B memiliki jangka waktu lima tahun sejak tanggal emisi. Sama seperti Seri A, pembayaran green bond juga dilakukan 100% dari jumlah pokok green bond Seri B yang jatuh pada 21 Juni 2027.

Dalam prospektus BNI disebutkan PT BNI Sekuritas, PT BCA Sekuritas, PT BRI Danareksa Sekuritas, PT CIMB Niaga Sekuritas, PT Mandiri Sekuritas, dan PT Maybank Sekuritas menjadi penjamin pelaksana emisi efek.

Diketahui, penerbitan obligasi hijau tersebut untuk membiayai proyek-proyek dalam kategori kegiatan usaha berwawasan lingkungan (KUBL). Proyek-proyek KUBL itu diantaranya berkaitan dengan energi terbarukan, proyek efisiensi energi, pengolahan sampah menjadi energ, manajemen limbah, pengolahan sumber daya alam dan penggunaan tanah berkelanjutan.

Baca Juga: BNI (BBNI) dan KB Kookmin Jalin Kerja Sama, Ini Fokus Garapannya

Selain itu proyek-proyek lainnya adalah green building dan pertanian berkelanjutan, pengelolaan air dan air limbah berkelanjutan, adaptasi perubahan iklim, konservasi keanekaragaman hayati darat dan air, transportasi ramah lingkungan.

Berita ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul: BNI (BBNI) akan Rilis Green Bond Rp5 Triliun, Catat Bunganya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya