SOLOPOS.COM - Ilustrasi cuaca ekstrem berupa hujan lebat. (JIBI/SOLOPOS/Dwi Prasetya)

Solopos.com, SEMARANG — Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika atau BMKG merilis prakiraan cuaca di sejumlah wilayah di Jateng untuk Minggu hingga Senin (13-14/3/2022) pagi. Ada sejumlah wilayah di Jateng yang akan dilanda cuaca ekstrem berupa hujan dengan intensitas tinggi atau berstatus siaga.

Dalam keterangan resmi yang diperoleh Solopos.com, ada dua wilayah di Jateng yang dinyatakan berstatus siaga cuaca eksterm berupa hujan lebat. Kedua wilayah itu berada di Kabupaten Cilacap dan Purworejo.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Di Kabupaten Cilacap, cuaca ekstrem dengan intensitas tinggi akan terjadi di wilayah Kampung Laut, Cilacap Selatan, dan Cilacap Tengah. Sedangkan di Purworejo, status siaga cuaca ekstrem disematkan untuk wilayah Kaligesing dan Bagelan.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca juga: Saat Cuaca Ekstrem, Waspadai Tiga Penyakit Ini

Selain kedua wilayah itu, BMKG juga memprakirakan sejumlah daerah di Jateng juga akan dilanda cuaca ekstrem berupa hujan lebat dengan status waspada.

Daerah-daerah berstatus waspada cuaca ekstrem itu meliputi wilayah Cilacap bagian utara dan sebagian wilayah selatan. Selain itu, status waspada cuaca ekstrem juga disematkan untuk sebagian wilayah Banyumas, Tegal, Brebes, Pekalongan, Banjarnegara, Wonosobo, Batan, Kebumen, Magelang, Solo, Sukoharjo dan Klaten.

Baca juga: BMKG Jateng Peringatkan Potensi Banjir Pesisir, Ini Daerah Terdampak

Prakiraan cuaca berbasis dampak hujan lebat yang dikeluarkan BMKG Jateng ini berlaku mulai Minggu (13/3/2022) pagi, pukul 07.00 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya