SOLOPOS.COM - Awan mendung pekat menggantung terlihat dari Sawahan, Ngemplak, Boyolali, Minggu (31/10/2021). (Solopos/Burhan Aris Nugraha)

Solopos.com, JAKARTA — Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperingatkan potensi cuaca ekstrem terjadi dalam periode 31 Oktober sampai 6 November 2021. Cuaca ekstrem seperti hujan intensitas sedang hingga lebat disertai kilat atau petir dan angin kencang di sejumlah wilayah Indonesia.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto, meminta masyarakat waspada potensi bencana hidrologi, seperti banjir. “Untuk periode tiga hari mendatang yaitu 31 Oktober sampai 1 November 2021 berdasarkan prakiraan cuaca berbasis dampak. Sejumlah wilayah berpotensi banjir dan banjir bandang,” ujar Guswanto dalam siaran tertulis BMKG, Minggu (31/10/2021) seperti dilansir Liputan6.com.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Baca Juga : Harta Karun Sriwijaya Diburu Sejak Dulu, Nilainya Fantastis!

BMKG memperingatkan 33 wilayah agar waspada cuaca ekstrem hingga 6 November 2021. Guswanto menyebut sejumlah wilayah yang berpotensi banjir dan banjir bandang dengan status siaga, yakni Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Selatan.

Dia juga menyampaikan hasil analisis kondisi dinamika atmosfer terkini menunjukkan potensi belokan dan perlambatan angin yang dapat meningkatkan pola konvektifitas. BMKG menyebut kondisi itu berdampak pada peningkatan curah hujan di beberapa daerah, termasuk prediksi aktifnya fenomena Madden Julian Oscillation (MJO), Gelombang Rossby, dan Gelombang Kelvin. “Dan dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah Indonesia dalam beberapa hari ke depan,” ujar dia.

Baca Juga : Dhuarrr…. Pemotor Meninggal Diseruduk Truk Gandeng di Benowo Palur

Berikut daftar wilayah tersebut:

1. Aceh
2. Sumatera Utara
3. Sumatera Barat
4. Riau
5. Kepulauan Riau
6. Jambi
7. Bengkulu
8. Sumatera Selatan
9. Kepulauan Bangka Belitung
10. Lampung
11. Banten
12. DKI Jakarta
13. Jawa Barat
14. Jawa Tengah
15. DI Yogyakarta
16. Jawa Timur
17. Bali
18. Nusa Tenggara Barat
19. Nusa Tenggara Timur
20. Kalimantan Barat
21. Kalimantan Tengah
22. Kalimantan Timur
23. Kalimantan Selatan
24. Sulawesi Utara
25. Sulawesi Tenggara
26. Gorontalo
27. Sulawesi Barat
28. Sulawesi Tengah
29. Sulawesi Selatan
30. Maluku Utara
31. Maluku
32. Papua Barat
33. Papua

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya