BMKG: Hujan Disertai Petir dan Angin Kencang Berpotensi Landa Jateng

BMKG juga memprakirakan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat turun di sebagian besar wilayah Indonesia pada Sabtu.
BMKG: Hujan Disertai Petir dan Angin Kencang Berpotensi Landa Jateng
SOLOPOS.COM - Ilustrasi hujan. (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisikan (BMKG) memperingatkan potensi hujan sedang hingga lebat mengguyur sebagian wilayah Provinsi Jawa Tengah (Jateng) pada Sabtu (27/11/2021) siang hingga malam hari. Menurut BMKG, hujan bisa datang disertai petir atau kilat serta angin kencang.

“Berpotensi terjadi hujan sedang hingga lebat dapat disertai petir/kilat dan angin kencang di wilayah pegunungan, pantura, sebagian pesisir selatan dan Jateng timur antara siang/sore hingga malam hari,” demikian peringatan dini yang dikeluarkan BMKG terkait prakiraan cuaca Jateng hari ini seperti dikutip dari laman resmi BMKG, bmkg.go.id, Sabtu.

Khusus untuk cuaca wilayah Soloraya hari ini, BMKG memprediksi untuk Boyolali berawan hingga hujan lebat, Karanganyar berawan hingga hujan sedang, Klaten berawan hingga hujan sedang, Sragen berawan hingga hujan lebat, Sukoharjo berawan hingga hujan sedang, Kota Solo berawan hingga hujan sedang, kemudian Wonogiri berawan hingga hujan lebat.

Baca juga: Rudy Adiyanto, Guru Matematika Tapi Seperti Intel

Mengutip Antara, BMKG juga memprakirakan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat turun di sebagian besar wilayah Indonesia pada Sabtu.

Bencana Hidrometeorologi

Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat diprakirakan turun di wilayah Provinsi Bangka Belitung, Banten, Bengkulu, DKI Jakarta, Gorontalo, Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Utara.

Wilayah Provinsi Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Papua, Papua Barat, Riau, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, dan Sumatera Utara juga menghadapi potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat.

BMKG mengimbau warga mewaspadai potensi hujan lebat di wilayah Provinsi Aceh, Bali, Lampung, Maluku Utara, dan Sulawesi Barat.” Hujan lebat bisa menyebabkan bencana hidrometeorologi seperti banjir dan tanah longsor,” demikian keterangan BMKG.

Baca juga: Gibran Larang ASN Solo Mudik Saat Libur Nataru


Berita Terkait
    Promo & Events
    Honda Motor Jateng
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago