SOLOPOS.COM - ilustrasi gempa bumi (Solopos/JIBI/Dok.)

Dua kabupaten di DIY masuk dalam status waspada terkait kemungkinan terjadinya tsunami

Harianjogja.com, JOGJA-BMKG mengeluarkan peringatan dini tsunami bagi sembilan daerah di wilayah Jawa pasca terjadinya gempa tektonik yang terjadi pada Jumat (15/12/2017) pukul 23.47 WIB. Dua kabupaten di DIY masuk dalam status waspada terkait kemungkinan terjadinya tsunami.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kasubag Humas BMKG Hary Tirto Djatmiko mengatakan, pihaknya memberikan peringatan dini tsunami pasca terjadinya gempa 7,3 SR sekitar pukul 23.47 WIB. Posisi gempa berada di perkiraan 74 kilometer barat daya Kawalu, 76 kilometer barat daya Singaparna, 79 kilometer barat daya Cibeureum dan 85 kilometer barat daya Ciamis. “Dengan kedalaman 105 kilometer,” terangnya kepada Harian Jogja melalui ponsel, Sabtu (16/12) dinihari.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca juga : Gempa Terasa Sampai DIY

Terkait peristiwa itu, lanjut dia, BMKG mengeluarkan peringatan dini terjadinya potensi tsunami. Adapun daerah yang diberikan peringatan tersebut antara lain wilayah Jawa Barat ada lima daerah, seperti Ciamis dan Tasikmalaya dengan status siaga, Garut, Sukabumi dan Cianjur dengan status waspada. Selain itu ada dua daerah di Jawa Tengah yang diberikan status waspada yaitu Kebumen dan Cilacap. Kemudian di DIY ada dua wilayah yaitu pesisir selatan Bantul dan Kulonprogo dengan status waspada tsunami.

Pihaknya terus melakukan pemantauan dengan melakukan evaluasi. Hary mengatakan, dari hasil evaluasi terakhir, ada tiga daerah yang dinyatakan tidak ada ancaman yaitu Cianjur, Sukabumi dan Bantul. Ia mengimbau kepada masyarakat untuk tetap tenang. “Itu hasil evaluasi potensi tsunami terakhir. Kalau Garut masih waspada, Tasikmalaya siaga, Ciamis siaga, Kebumen waspada, Kulonprogo waspada dan Cilacap waspada,” terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya