SOLOPOS.COM - Kepala BMKG Dwikorita Karnawati (kanan) dan anggota Komisi V DPR RI Novita Wijayanti saat memberi keterangan pers di Gedung HNSI Cilacap, Selasa (28/9/2021). (Antara)

Solopos.com, CILACAP – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) bakal menggunakan informasi gempa berbasis frekuensi radio atau handy talky (HT). Peluncuran dilaksakan di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, pada 4 Oktober 2021.

Hal itu disampaikan Kepala BMKG Dwikorita Karnawati seusai pembukaan Sekolah Lapang Cuaca Nelayan (SLCN) 2021 Kabupaten Cilacap di Gedung HNSI Cilacap, Selasa (28/9/2021). Ia mengatakan potensi gempa megatrust di selatan Jawa sebenarnya bukan hal baru.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Sudah lama, banyak penelitian oleh pakar-pakar tentang potensi gempa megatrust yang ada di Samudra Hindia selatan Pulau Jawa. Bahkan mulai dari Sumatera, Selat Sunda, sampai selatan Jawa. Termasuk wilayah Cilacap diprakirakan kekuatannya, magnitudonya bisa melebihi 8 Skala Richter (SR),” katanya.

Menurut dia, gempa megatrust harus diantisipasi oleh masyarakat dan semua pihak karena BMKG tidak tahu kapan terjadi. “Sewaktu-waktu bisa terjadi,” katanya, menegaskan.

Baca juga: Brebes Diguncang Gempa, Puluhan Rumah Rusak

Terkait dengan hal itu, dia mengatakan selain SLCN, BMKG pada Senin (4/10/2021) akan memberikan program kesiapsiagaan menghadapi ancaman gempa megatrust. Yang berpotensi membangkitkan tsunami menuju ke Pantai Cilacap.

Menurut dia, jalur evakuasi dan sistem peringatan dini gempa berpotensi tsunami sudah disiapkan.

“Ada sistem baru yang akan di-launching dengan menggunakan HT. Nah besok itu [4 Oktober] uji coba dan launching,” kata Kepala BMKG soal peringatan dini gempa.

Baca juga: Masya Allah! Guru dan Siswa SD di Sidrap Bertaruh Nyawa ke Sekolah

Informasi Gempa dari BMKG

Lebih lanjut, Dwikorita mengatakan penggunaan HT dilakukan BMKG untuk peringatan gempa. Sistem yang sudah ada saat sekarang menggunakan aplikasi telepon pintar dan sirine.

Menurut dia, aplikasi telepon pintar memiliki kelemahan jika sinyal atau jaringan internet terputus saat gempa. Karena tsunami diawali dengan gempa megatrust.

“Seperti di Palu, peringatan dini tidak bisa diterima karena sinyalnya terputus, listrik mati. Listrik mati mungkin sirine enggak berbunyi, nah kita harus punya alternatif lain yang tahan tanpa listrik, bisa tanpa sinyal HP. Nah kami mencoba dengan HT peringatan dini gempa,” katanya seperti dikutip dari Antaranews.com.

Baca juga: Positif Covid-19, 72 Siswa SMA Negeri 2 Cilacap Batal Jumpa Jokowi

Sementara itu, anggota Komisi V DPR RI Novita Wijayanti mengimbau masyarakat untuk mengantisipasi berita-berita bohong atau hoaks terkait dengan informasi gempa berpotensi tsunami.

Dalam hal ini, kata dia, masyarakat bisa menghubungi BMKG untuk mendapatkan informasi akurat tentang kejadian gempa.

“Jangan sampai masyarakat mendapat informasi dari WA group atau media sosial, tapi ternyata itu berita bohong,” katanya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya