SOLOPOS.COM - Menteri Sosial Tri Rismaharini blusukan di kawasan bantaran Kali Ciliwung, Menteng, Jakarta, Senin (28/12/2020). (Twitter @kemensosRI)

Solopos.com, JAKARTA — Blusukan Menteri Sosial Tri Rismaharini di Jakarta yang selalu bertemu pengemis, gelangan, atau orang telantar banyak menarik perhatian warga di jagat maya, Internet. Maklum saja, aksi Risma selalu diunggah ke Internet. Ada komentar positif yang mendukung Risma, namun banyak juga justru memandang aneh fenomena kumuhnya jalur jalan utama di tengah Jakarta tersebut.

Di tengah kecurigaan sebagian netizen bahwa aksi Tri Rismaharini tersebut sekadar setingan, politikus Partai Demokrat Rachland Nashidik menganggap Menteri Sosial berutang penjelasan kepada publik apabila kegiatan blusukannya direkayasa untuk kepentingan politik tertentu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Bila benar tunawisma yang ditemui Mensos Risma cuma pemeran pertunjukan sandiwara, Ibu Risma berutang penjelasan pada publik,” cuit Rachland melalui akun twitter pribadinya, Rabu (6/1/2021).

Waspada! Pemilik Zodiak Ini Kerap Pendam Emosi

Jangan sampai, lanjut Rachland, Risma malah dituding berbohong lantaran tidak memberi klarifikasi kepada publik. Seperti diketahui, kegiatan blusukan Risma di ibu kota belakangan hari ini menuai kritikan sejumlah orang.

Kritikan itu berkaitan dengan penilaian bahwa Risma tengah menjalankan politik pencitraan untuk agenda tertentu. Malahan, tidak sedikit yang berpendapat tunawisma yang disambangi Risma adalah rekayasa alias dibuat-buat.

“Kasihan PDIP, bila setelah kadernya kedapatan korupsi, kader penggantinya ternyata berbohong,” tutur Rachland. 

Simak 21 Resolusi Jitu Atur Uang di Tahun 2021!

Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah memerintahkan Kepala Dinas Sosial DKI Jakarta Irmansyah untuk mencari tahu identitas tunawisma yang disambangi Risma di sekitar kawasan Jalan Sudirman-Thamrin beberapa waktu lalu.

Perintah Anies itu disampaikan Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria kepada awak media di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (6/1/2021). “Kami, saya, Pak Gubernur memerintahkan langsung Kadinsos untuk mengecek siapa orangnya, kenapa ada di situ. Setahu kami jalan ke jalan Sudirman-Thamrin itu cukup jauh. Kalo ada di pinggiran-pinggiran, ada betul,” tuturnya.

Ariza mengaku heran dengan adanya sejumlah tunawisma di kawasan sekitar Jalan Sudirman hingga Thamrin yang dijumpai Risma.

Memilih Arah Rumah Sesuai Petunjuk Fengsui

Biasanya, ujar Ariza, tunawisma itu berada di sekitar pinggiran kota. Menurut dia, kawasan Jalan Sudirman hingga Thamrin terlalu jauh untuk dijangkau tuna wisma tersebut.

“Memang, saya sendiri sudah hidup di Jakarta sejak umur empat tahun, baru dengar ada tunawisma di jalan Sudirman - Thamrin,” kata Ariza.

Seperti diberitakan sebelumnya, Risma blusukan di sekitar kawasan Jalan Sudirman-Thamrin dan Jalan Pintu Air Pasar Baru, Jakarta Pusat, Senin (4/1/2021).

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya