SOLOPOS.COM - Menaker, Ida Fauziah dan Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, melihat workshop pelatihan di BLK Solo, Rabu (10/3/2021). (Istimewa)

Solopos.com, SOLO -- Balai Latihan Kerja atau BLK Kota Solo memiliki fasilitas baru berupa talent corner. Fasilitas itu diresmikan Menteri Tenaga Kerja (Menaker), Ida Fauziah, didampingi Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, Rabu (10/3/2021).

Peresmian talent corner dilakukan seusai pembukaan pelatihan berbasis kompetensi (PBK) di BLK Solo. Gibran berharap pelatihan yang ada dapat memberikan output peningkatan sumber daya manusia Solo dan menciptakan banyak lapangan kerja.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Setelah mengikuti pelatihan ia harapkan warga dapat menciptakan lapangan pekerjaan baru. Sebab mereka telah mendapat bekal keterampilan mumpuni. "Pengangguran semakin meningkat, bahkan banyak usaha tutup atau bangkrut, sehingga PBK dan innovation Room jadi sangat menjanjikan," tuturnya.

Baca Juga: 294 Hunian Di Nusukan Kena Proyek Rel Layang Joglo Solo, Perwakilan Warga Temui DPRD

Sementara itu, Ida Fauziah menekankan pentingnya reformasi kelembagaan BLK termasuk BLK Solo serta redesain substansi atau materi yang pelatihan. BLK harus bisa menyesuaikan perkembangan zaman dan tuntutan dunia kerja.

Selain itu perlu adanya revolusi SDM, revitalisasi peralatan dan fasilitas. Tak sampai di situ saja. menurut Ida, perlu adanya rebranding image atau citra BLK yang selama ini sudah dianggap ketinggalan zaman.

Tidak kalah penting yakni perlunya membangun hubungan yang baik dengan lembaga perusahaan agar alumni pelatihan bisa tersalurkan ke dunia usaha.

Baca Juga: Soal Izin Acara Musik Dan Budaya Dengan Prokes Ketat, Polres Wonogiri: Belum Ada Instruksi Dari Mabes

BLK Paling Kecil

Dirjen Ketenagakerjaan Kemenaker, Budi Hartawan, menambahkan meski berusia paling tua, BLK Solo termasuk paling kecil di Indonesia. BLK baru yang lebih luas dan lengkap segera dibangun di wilayah Kerten.

BLK Kota Bengawan menyediakan 77 paket pelatihan, 299 komunitas, dan 477 paket target. Saat ini sudah dibuka pelatihan barista jamu bagi masyarakat. Peserta pelatihan ini ditargetkan bisa meracik jamu dengan cara yang modern.

Baca Juga: Sejumlah PGOT Terjaring di Wonogiri, Satu Berasal dari Tuban Jatim

"BLK Solo menjadi pilot project skill development centre yang ditandatangani BLK Solo dengan Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja serta perusahaan-perusahaan di Solo," terang Budi.

Adanya sejumlah fasilitas baru di BLK Kota Bengawan untuk memudahkan dan kenyamanan masyarakat mendapatkan informasi pelatihan. Sedangkan talent corner untuk mendorong lahirnya ide-ide inovatif bagi masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya