SOLOPOS.COM - Ilustrasi peternakan ayam (JIBI/Solopos/Suharsih)

Solopos.com, SOLO – Dalam mengembangkan bisnis pada umumnya lokasi menjadi pertimbangan utama. Hal ini karena  aktivitas sosial yang dilakukan di tempat tersebut akan sangat berpengaruh terhadap jalannya bisnis.

Biasanya, pebisnis akan lebih memilih tempat strategis yang ramai pemukiman ataupun ramai dikunjungi wisatawan karena lebih memudahkan dalam segmentasi, targeting, ataupun pemasaran.

Promosi Layanan Internet Starlink Elon Musk Kantongi Izin Beroperasi, Ini Kata Telkom

Meskipun begitu ada berbagai bisnis yang tetap bisa untuk dikembangkan di kota-kota sepi. Berikut merupakan bisnis yang cocok dikembangkan di kota-kota sepi termasuk di Jawa Tengah dari berbagai sumber, Rabu (23/2/2022):

Baca Juga: Peluang Bisnis Menjanjikan, Begini Cara Menjadi Agen Jasa Pengiriman

1. Bisnis Peternakan

Peternakan sangat cocok untuk dikembangkan di kota-kota sepi, terlebih lagi jika masih banyak lahan kosong dan lahan hijau yang luas. Bisnis peternakan juga bisa disesuaikan dengan modal yang dimiliki baik itu untuk sapi, kambing, maupun ayam.

Penyesuaian juga harus mempertimbangkan ketersediaan pakan, jika masih banyak sawah ataupun kebun sapi dan kambing bisa dipilih, jika daerah tidak banyak rumput hijau ternak ayam bisa menjadi solusinya. Selagi memiliki ilmu cara mengembangkan, memelihara dan merawat, peternakan akan mendapatkan keuntungan yang cukup menjanjikan.

2. Budidaya Ikan Air Tawar

Ikan air tawar akan mendapatkan pasar tersendiri dengan konsumen yang semakin meningkat, setiap harinya warung makan, restoran ataupun konsumen pribadi membutuhkan ketersediaan ikan ini untuk dijual.

Oleh karena itu budidaya ikan menjadi salah satu bisnis yang bisa dipertimbangkan di kota-kota sepi, terlebihlagi masih ada lahan untuk tempat budidaya dan akses air yang mudah. Ikan juga bisa dipilih dan disesuaikan seperti ikan lele, nila, gurame, dan ikan konsumsi lainnya. Jika pemilik dapat mengembangkan budidaya secara maksimal, keuntungan yang ada akan cukup menjanjikan.

Baca Juga: Kota Tersepi di Jawa Tengah Ini Ternyata Punya Kuliner Ekstrem Hlo

3. Bisnis Online

Dengan kemajuan teknologi yang sekarang ini bisnis yang membutuhkan konsumen tidak selalu harus dilakukan secara konvensional, melalui ecommerce yang tersedia penjual tidak perlu untuk mempertimbangkan lokasi.

Bisnis makanan ringan secara online sangat digemari di era sekarang, konsumen yang banyak membutuhkan dan pemilihan produk yang fleksibel bisa dijaikan sebagi pertimbangan utama dalam membangun bisnis ini. Terlebih lagi bisnis yang berbasis online tidak akan terpengaruh dengan keadaan kota yang sepi ataupun minim wisatwan.

4. Budidaya Jamur

Budidaya tanaman jamur cukup mudah dilakukan, pasar dari tanaman jamur juga cukup luas dan banyak peminat terlebih lagi budidaya ini bisa dilakukan dimana saja salah satunya kota yang sepi.

Budidaya tanaman jamur juga tersedia dalam berbagai jenis antara lain jamur tiram, jamur kuping, jamur shitake dan lain-lain yang bisa disesuaikan dengan keinginan ataupun pengetahuan akan budidaya. Jika dikembangkan dengan baik penghasilan yang didapatkan dari budidaya ini akan cukup maksimal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya