SOLOPOS.COM - Ilustrasi proyek properti (JIBI/Bisnis/Dok.)

Bisnis properti Semarang ditengarai semakin bergaira, berminat investasi rumah?

Semarangpos.com, SEMARANG — Penjualan rumah di Kota Semarang dan sekitarnya mulai meningkat seiring dengan penurunan bunga kredit pemilikan rumah yang dilakukan oleh perbankan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Kalau sebelumnya kan suku bunga masih di atas 10 persen, fixed-nya 2 tahun. Kalau sekarang suku bunga 9%, fixed lima tahun,” ungkap Wakil Ketua Real Estate Indonesia (REI) Jawa Tengah (Jateng) yang membidangi Humas, Promosi, dan Publikasi Dibya K Hidayat di Semarang, Rabu (29/3/2017).

Menurut dia, penurunan suku bunga KPR tersebut disambut baik oleh masyarakat khususnya yang memiliki rencana untuk membeli rumah. Dia mengatakan peningkatan penjualan cukup signifikan, jika pada REI Ekspo sebelumnya yang dilaksanakan Februari lalu hanya mencatat realisasi penjualan sekitar 40 unit, untuk REI Ekspo Maret ini meningkat menjadi 56 unit.

Dibya mengatakan melihat tren tahun-tahun sebelumnya, biasanya penjualan paling rendah terjadi pada triwulan pertama. Selanjutnya memasuki triwulan kedua hingga akhir tahun penjualan akan terus meningkat.

Melihat realisasi penjualan di REI Ekspo ketiga tahun ini, pihaknya optimistis penjualan rumah secara keseluruhan melalui pelaksanaan REI Ekspo hingga akhir tahun ini dapat mencapai 800 unit. “Kalau target penjualan sampai akhir tahun ini jauh lebih tinggi dibandingkan dengan realisasi penjualan sepanjang tahun lalu yang tidak lebih dari 500 unit,” katanya.

Terkait hal itu, Dibya mengatakan dari awal para pengembang meyakini kondisi perekonomian dalam negeri pada tahun ini akan lebih baik dibandingkan dengan tahun lalu. “Pada dasarnya kalau dari sisi dukungan perbankan sudah bagus, di sisi lain dukungan kondisi ekonomi Indonesia sudah lebih mapan dibandingkan tahu lalu. Bisa jadi karena proyek infrastruktur mulai menggeliat,” katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya