SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Optimisme tak lepas dari harapan yang timbul setelah adanya kebijakan pemerintah untuk menjaga daya beli masyarakat.

 

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

 

Ilustrasi Perumahan (Burhan Aris Nugraha/JIBI/Solopos)

Ilustrasi Perumahan (Burhan Aris Nugraha/JIBI/Solopos)

Harianjogja.com, JOGJA-DPD Real Estate Indonesia (REI) DIY optimistis bisnis properti akan tumbuh sebesar 5% di atas laju inflasi.

Ketua DPD REI DIY Nur Andi Wijayanto mengungkapkan, hal itu tak lepas dari harapan yang timbul setelah adanya kebijakan pemerintah untuk menjaga daya beli masyarakat. Ia juga berharap, serapan APBN bisa terjadi di awal tahun sehingga perputaran ekonomi bisa dijaga.

“Kami optimistis bisa tumbuh lima persen di atas inflasi. Misalnya laju inflasi empat hingga lima persen, kami yakin bisa tumbuh sembilan hingga 10 persen,” ujar dia kepada Harian Jogja, Senin (14/12).

Andi mengungkapkan, potensi pengembangan bisnis properti dalam tiga hingga lima tahun ke depan masih di tiga wilayah yakni Jogja, Bantul, dan Sleman. Wilayah Gunungkidul dan Kulonprogo baru mulai dirintis pengembangannya.

Ia mengungkapkan, kondisi perekonomian tahun depan dinilai belum terlalu banyak berubah, meskipun ada pertumbuhan. REI masih menunggu dampak dari kebijakan ekonomi yang dikeluarkan pemerintah. Hal yang paling ditunggu adalah penyederhanaan regulasai untuk sektor properti dari 40 item menjadi delapan item.

“Tapi, saat ini belum ada implementasinya. Penerapannya masih terhalang agenda-agenda seperti Pilkada serentak. Kami masih menunggu implementasinya nanti akan seperti apa,” ungkap dia.

Kebijakan yang dikeluarkan Pemerintah, menurut dia, ingin menjaga dua sisi suplai dan investasi. Pemerintah ingin menjaga daya beli masyarakat dengan mengeluarkan berbagai kebijakan. Harapannya, kebijakan tersebut benar-benar membawa dampak baik. Saat ini, masyarakat masih menunggu-nunggu sejauh mana implementasi itu berpengaruh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya