SOLOPOS.COM - Ilustrasi buruh bangunan mengaduk semen di proyek pembangunan perumahan (Paulus Tandi Bone/JIBI/Bisnis)

Bisnis properti Jateng menurut Real Estate Indonesia (REI) setempat kekurangan 1,4 juta rumah.

Semarangpos.com, SEMARANG — Bisnis properti Jawa Tengah (Jateng) menurut Real Estate Indonesia (REI) setempat kekurangan 1,4 juta rumah.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Sebanyak 1,4 juta unit ini jika melihat dari sisi jumlah rumah tangga baru yang belum memiliki rumah. Ini masuk akal mengingat angka kekurangan rumah di seluruh Indonesia mencapai 14 juta unit,” kata Ketua Real Estate Indonesia (REI) Jateng M.R. Prijanto di Semarang, Kamis (4/8/2016).

Ekspedisi Mudik 2024

Terkait kondisi bisnis properti mutakhir itu, pihaknya berupaya memenuhi target pembangunan rumah setiap tahunnya. Seperti halnya tahun lalu, target pembangunan rumah pada tahun ini khusus di Jateng mencapai 10.000 unit. “Hingga bulan Juni lalu kami berhasil membangun 5.600 unit. Harapannya sisanya dapat terpenuhi pada semester kedua tahun ini,” katanya.

Dari total tersebut, khusus rumah sederhana pembangunannya sudah mencapai 3.600 unit. Dengan terpenuhinya target setiap tahun, diharapkan angka kekurangan rumah sedikit demi sedikit dapat diminimalisasi.

Sementara itu, pihaknya menyambut baik bantuan uang sebesar Rp4 juta yang diberikan oleh Pemerintah kepada konsumen rumah sederhana. “Khususnya untuk rumah subsidi, sebagian uang tersebut dapat digunakan untuk membayar uang muka karena uang muka kan hanya 1 persen dari harga. Selanjutnya, sisanya dapat digunakan untuk membayar angsuran,” katanya.

Untuk diketahui, harga rumah sederhana di Jawa Tengah saat ini sebesar Rp116,5 juta/unit. Dengan uang muka 1 persen maka konsumen cukup membayar sekitar Rp1.165.000,” katanya.

 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya