BISNIS OTOMOTIF : Diler Mobil Perang Diskon

BISNIS OTOMOTIF : Diler Mobil Perang Diskon
SOLOPOS.COM - Pengunjung melihat-lihat mobil yang dipajang di pameran otomotif di Solo Paragon Life Style Mall, Solo, Kamis (18/7/2013). Kalangan pengusaha diler otomotif genjot penjualan dengan menawarkan berbagai program promo selama Bulan Ramadan. Maulana Surya
Pengunjung melihat-lihat mobil yang dipajang di pameran otomotif di Solo Paragon Life Style Mall, Solo, Kamis (18/7/2013). Kalangan pengusaha diler otomotif genjot penjualan dengan menawarkan berbagai program promo selama Bulan Ramadan. Maulana Surya

Pengunjung melihat-lihat mobil yang dipajang di pameran otomotif di Solo Paragon Life Style Mall, Solo, Kamis (18/7/2013).    (Maulana Surya/JIBI/Solopos)

 

Solopos.com, SOLO—Menangkap peluang tingginya potensi pasar di Bulan Puasa, sejumlah diler mulai perang diskon.

Di ajang pameran otomotif yang berlangsung di Solo Paragon Lifestyle Mall yang bakal berlangsung hingga Minggu (28/7/2013), sekitar sebelas merek berlomba-lomba menawarkan program menarik dengan target memaksimalkan penjualan menjelang Lebaran.

Sebut saja, Nissan. Pameran yang memajang Livina X-Gear, Juke dan Serena Highway Star itu menawarkan diskon hingga Rp25 juta untuk mobil Nissan Juke. “Livina X-Gear ada diskon Rp7 juta, dan Serena ada diskon mulai Rp13 juta hingga Rp25 juta,” kata Sales Executive Nissan Solobaru, Deni Kurniawan, saat ditemui wartawan, di sela-sela pameran, Kamis (18/7/2013).

Dia menyampaikan diskon besar-besaran itu digeber untuk terus merangsang penjualan mobil. “Sebenarnya penjualan mobil Nissan sudah naik pada Mei. Saat itu, sekitar 200 unit terjual, naik dua kali lipat dari rata-rata penjualan 100 unit per bulan.” Penjualan Mei bisa meningkat signifikan, lanjut Deni, karena pada saat itu Nissan menghabiskan stok Grand Livina lama dengan geber diskon hingga 30%.

Mobil Subaru juga menawarkan cashback menarik selama pameran. “Ada cashback, tapi yang lebih menarik ada bunga 0% selama enam bulan,” kata Owner Diler Subaru Solo, Cun Cun Kurniadi.

Di ajang pameran ini, pihaknya mematok target penjualan sebanyak lima unit Subaru. “Kami optimistis karena bulan Juli ini dipastikan pasar lebih ramai dari bulan-bulan biasanya.”

Tak mau kalah, diler Mazda juga menawarkan program diskon hingga Rp15 juta. Pada pameran otomotif kali ini, Mazda menawarkan mobil New Mazda2 IPM. “Target penjualan tujuh unit per pekan,” kata Sales Executive Mazda Solo, Iwan.

Selain New Mazda2 IPM, lanjut Iwan, mobil Biante dan CX-5 juga cukup diminati. Apalagi menjelang Lebaran, biasanya pelanggan lebih banyak mencari mobil kelas multipurpose vehicle (MPV).

Mobil Honda yang juga turut serta dalam pameran tersebut juga menawarkan cashback atau diskon untuk produk-produk yang ready saat ini. Seperti, Honda CRV, Freed dan Honda Jazz. Tidak hanya cashback, kata Sales Executive Honda Solobaru, Hanang Teguh R, Honda juga berani menawarkan uang muka ringan dan bunga rendah. “Bunga murah hanya 3,5% per tahun dan uang muka bisa 25%,” imbuh Hanang.

Dia juga mengatakan, program ini digeber untuk memaksimalkan penjualan selama Bulan Puasa. “Bulan Puasa ini penjualan mobil naik 50%. Bahkan, sepekan Puasa ini kami sudah jualan sekitar 30 unit. Dan target pameran kami adalah 40 unit.”

Marketing Support Suzuki Solo Pabelan, Christian Sidharta, menyampaikan program cashback tidak berlaku untuk pembelian mobil Suzuki. “Apalagi Ertiga. Tanpa diskon pun yang indent mobil ini sudah ratusan.”

Hanya saja, untuk merangsan penjualan Suzuki tetap agresif menawarkan program Family Excitest Drive dan Ertiga Juara.

Sementara, pada pameran otomotif di Solo Paragon Lifestyle Mall, diikuti oleh sekitar sebelas merek. Antara lain, Toyota, Nissan, Mazda, KIA, Chevrolet, Honda, Mitsubishi, Subaru, Daihatsu, Hyundai dan Suzuki.


Berita Terkait
    Promo & Events
    Honda Motor Jateng
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago