SOLOPOS.COM - Pemusnahan ladang ganja di Aceh Besar, Aceh, Kamis (18/2/2015). (JIBI/Solopos/Antara/Ampelsa)

Polda Jateng membongkar bisnis ganja cair di Kabupaten Semarang yang dipasarkan via Facebook.

Solopos.com, SEMARANG — Direktorat Narkoba Polda Jawa Tengah mengungkap bisnis ganja cair yang ditawarkan melalui media sosial Facebook di Kabupaten Semarang. Kabid Humas Polda Jawa Tengah Kombes Pol Djarod Padakova di Semarang, Senin (17/4/2017), mengatakan ganja cair ini dipasarkan melalui akun komunitas bernama Sahabat Herbal dan Ganja Indonesia.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Polisi meringkus Septiandi Wibisono, 47, warga Kecamatan Bergas, Kabupaten Semarang, yang merupakan produsen sekaligus penjual ekstrak ganja atau dikenal sebagai tincture itu. “Tersangka mengolah sendiri ganja ini menjadi tincture,” kata Djarod.

Ia menuturkan kasus ini terungkap setelah adanya laporan tentang penjualan ganja melalui Facebook. Dari keterangan tersangka, ekstrak ganja tersebut dibuatnya dengan bahan baku 3 ons ganja yang dicampur dengan 1,5 liter etanol food grade 96%.

Campuran tersebut disimpan dalam tempat tertutup dan disimpan selama lebih kurang sebulan. Setelah sebulan disimpan, campuran tersebut disaring dan kemudian cairan yang dihasilkan dipanaskan pada suhu 70 derajat Celcius. “Dalam sekali buat dihasilkan sekitar 300 ml. Kemudian diwadahi dalam botor berukuran 30 ml,” kata Djarod.

Ganja cair tersebut selanjutnya dijual dengan harga Rp750.000 per botol. Selain menyita beberapa botol berisi ganja cair, polisi juga mendapati 444 gram ganja kering serta dua pucuk senjata api masing-masing berjenis Baretta dan Colt.

Dalam praktik yang sudah berjalan sekitar dua tahun itu, pelaku beralasan produk buatannya itu bisa digunakan untuk pengobatan. Atas perbuatannya, tersangka dijerat dengan UU No. 35/2009 tentang penyalahgunaan narkotika.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya