SOLOPOS.COM - Petugas kesehatan memeriksa alat kesehatan di ruang IGD Rumah Sakit Darurat Penanganan Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Senin (23/3/2020). (Antara/Hafidz Mubarak A.)

Solopos.com, JAKARTA–Bisnis alat kesehatan (alkes) diperkirakan tumbuh pesat dalam 5 tahun ke depan.

Sejumlah faktor dianggap menjadi katalisator.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Menurut Direktur Utama Argon Group Krestidjanto Pandji, melihat setidaknya terdapat tiga faktor yang menjadi pemicu pertumbuhan bisnis alat kesehatan di Tanah Air.

Pertama, rencana pemerintah menyamaratakan semua fasilitas Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan pada Janiari 2023 mendatang yang meningkatkan minat berobat masyarakat.

“Artinya, ini akan menumbuhkan kemauan untuk berobat karena aksesibilitas yang lebih baik,” kata Krestidjanto ketika ditemui di Jakarta, Kamis (30/6/2022).

Baca Juga: Bisnis Alkes Diprediksi Melejit Lima Tahun ke Depan, Ini Pendorongnya

Ditambah dengan meningkatnya pengeluaran pemerintah untuk keperluan kesehatan, sambungnya, bisnis alat kesehatan di Tanah Air diprediksi mengalami pertumbuhan pesat dalam kurun 5 tahun ke depan.

Selain itu, adanya kepastian pasar akan membuat margin keuntungan akan lebih besar jika pelaku industri membuat pabrik dibandingkan dengan berperan sebagai distributor.

“Dengan kata lain, kalau pemerintah tidak memberikan insentif bagi produk lokal melalui upaya menekan produk impor, maka lebih baik pemain alkes dalam negeri menjadi distributor,” ujarnya.

Berita telah tayang di Bisnis.com berjudul Bisnis Alkes Diramal Tumbuh Pesat 5 Tahun Ke Depan, Gara-Gara Ini

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya