Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Bisnis Alkes Diprediksi Melejit Lima Tahun ke Depan, Ini Pendorongnya

Ada tiga faktor yang disebut menjadi pendukung dalam mendongkrak pertumbuhan bisnis alkes dalam lima tahun mendatang.
SHARE
Bisnis Alkes Diprediksi Melejit Lima Tahun ke Depan, Ini Pendorongnya
SOLOPOS.COM - Petugas kesehatan memeriksa alat kesehatan di ruang IGD Rumah Sakit Darurat Penanganan Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Senin (23/3/2020). (Antara/Hafidz Mubarak A.)

Solopos.com, JAKARTA — Bisnis alat kesehatan (alkes) diperkirakan masih sangat potensial. Faktor ini pun disebut menjadi pendukung dalam mendongkrak pertumbuhan bisnis ini dalam lima tahun mendatang.

Direktur Utama Argon Group, Krestidjanto Pandji, menyebutkan setidaknya ada tiga faktor yang menjadi pemicu pertumbuhan bisnis alkes di tanah air.

PromosiBorong Penghargaan, Tokopedia Jadi Marketplace Favorit UMKM

Faktor pertama, yakni rencana pemerintah menyamaratakan semua fasilitas Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan pada Janiari 2023 mendatang yang meningkatkan minat berobat masyarakat.

“Artinya, ini akan menumbuhkan kemauan untuk berobat karena aksesibilitas yang lebih baik,” kata Krestidjanto di Jakarta, Kamis (30/6/2022).

Dengan meningkatnya pengeluaran pemerintah untuk keperluan kesehatan, menurutnya bisnis alat kesehatan di tanah air diprediksi mengalami pertumbuhan pesat dalam kurun 5 tahun ke depan.

Baca Juga: Mengulik Proses Sterilisasi Produk Pangan dan Alkes dengan Nuklir

Di sisi lain, adanya kepastian pasar yang akan membuat margin keuntungan lebih besar jika pelaku industri membuat pabrik dibandingkan dengan berperan sebagai distributor.

“Dengan kata lain, kalau pemerintah tidak memberikan insentif bagi produk lokal melalui upaya menekan produk impor, maka lebih baik pemain alkes dalam negeri menjadi distributor,” ujarnya.

Berita ini telah tayang dengan judul: Bisnis Alkes Diramal Tumbuh Pesat 5 Tahun Ke Depan, Gara-Gara Ini



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Part of Solopos.com
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode