Bisa Nambah Uang Saku, Hal-Hal Ini Patut Dicoba Mahasiswa

Selain membantu mengurangi beban orang tua,  mencari penghasilan tambahan juga membuat mahasiswa bisa lebih mandiri dan bisa mengerti dunia kerja.
Bisa Nambah Uang Saku, Hal-Hal Ini Patut Dicoba Mahasiswa
SOLOPOS.COM - Ilustrasi mahasiswa (Freepik)

Solopos.com, SUKOHARJO – Mahasiswa memiliki kebutuhan yang banyak, apalagi bagi mereka yang merantau. Selain uang untuk kuliah, mahasiswa tak jarang dihadapkan pada pengeluaran tak terduga.  Untuk mengatasi hal itu, salah satu cara yang bisa dilakukan mahasiswa adalah mencari uang tambahan.

Selain membantu mengurangi beban orang tua yang telah membayar uang kuliah kita,  mencari penghasilan tambahan juga membuat mahasiswa bisa lebih mandiri dan bisa mengerti dunia kerja.

Lalu, apa aja sih yang bisa dilakukan mahasiswa untuk mendapatkan tambahan penghasilan? Yuk simak ulasan dari bisnismuda.id, Jumat (23/7/2021).

Baca Juga: Beredar Selebaran Kritikan Penanganan Covid-19, Ini Tanggapan Kapolres Kudus

Jualan

Jualan sangat beragam produk yang dapat kita temukan. bisa juga kita berjualan produk yang kita gemari, semisal hijab atau fashion, alat pendakian, voucher game online dan masih banyak lagi. Kalian juga bisa berjualan dengan melihat peluang pasar dan segmen pasar yang kita tuju. tentu harus membutuhkan ketajaman dalam membaca selera pasar juga ya.

Jasa

Kamu bisa jual jasa kamu sesuai dengan keahlian yang kamu miliki, semisal jasa foto, jasa translate atau terjemahan atau bisa juga jasa tour guide bila kamu memang hobi traveling.

Menjadi penulis

Sebagai seorang mahasiswa, pastilah kalian memiliki wawasan yang luas dan ilmu pengetahuan mumpuni. Kamu bisa menjadi penulis tetap atau penulis lepas. Kamu juga bisa membuat sebuah website yang secara bebas kamu isi sesuai dengan keinginan kamu.

Baca Juga: Stagnan, Cek Harga Emas 24 Karat di Pegadaian Hari Ini, Senin 26 Juli 2021

Konten kreator

Kamu bisa memanfaatkan platform youtube, instagram, twitter untuk mempublikasikan konten kamu. Tentu, konten yang mendidik dan membangun ya.

Dengan berkreasi, kamu akan dapatkan uang dari platfrom tersebut seiring dengan bertambahnya karya kamu maka penghasilan kamu juga akan semakin banyak.

Seniman

Kamu bisa menjadi seniman untuk bisa menghasilkan banyak uang. Misalnya kamu pandai membuat desain, membuat kerajinan, bernyanyi, menari dan lain-lain. Kalian juga bisa “menjual” hal tersebut untuk mendapat keuntungan.

Perawatan hewan

Jika kalain membuka usaha ini, maka kalian harus memang orang yang benar-benar cinta binatang ya. Biasanya, jasa berupa penitipan hewan oleh pemilik hewan yang mungkin tidak memiliki waktu sehingga tak sempat mengurus hewan peliharaannya.

Nah, itu jadi beberapa hal yang bisa menghasilkan uang tambahan bagi mahasiswa. Carilah pekerjaan yang paling cocok denganmu dan fleksibel. Tapi ingat ya, jangan sampai pekerjaan itu menganggu waktu kuliah.

Berita Terkait
    Promo & Events
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago