SOLOPOS.COM - Cara cek apakah Anda termasuk dari penerima BLT BBM tersebut atau tidalk bisa dilakukan lewat ponsel. (Ilustrasi/Freepik)

Solopos.com, SOLO — Tahukah Anda, ada dua  cara cek penerima bantuan tunai langsung (BLT) bahan bakar minyak (BBM) senilai Rp600.000 melalui ponsel?

Penyaluran BLT BBM oleh pemerintah melalui Kementerian Sosial sudah mulai dilakukan sejak 1 September 2022 lalu.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Bantuan sosial diberikan kepada masyarakat yang kurang mampu dan sudah terdata dalam data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS) Kementerian Sosial. Nantinya setiap masyarakat, berhak mendapatkan bantuan dana senilai Rp600.000.

BLT BBM akan disalurkan oleh pemerintah kepada masyarakat yang kurang mampu selama 4 bulan, yakni mulai bulan September hingga Desember 2022.

Sebagai rincian, nantinya setiap bulan masyarakat akan mendapatkan BLT BBM senilai Rp150.000, yang akan disalurkan setiap 2 bulan sekali. Sehingga total dana yang akan diterima warga yang berhak sebanyak Rp600.000.

Baca Juga: Tukang Ojek Berharap Pemkab Karanganyar Segera Realisasikan Bantuan

Pemerintah telah mengalokasikan dana senilai Rp12,4 triliun untuk program BLT BBM ini, dengan total sasaran sebanyak 20,65 juta keluarga penerima manfaat (KPM).

Lantas bagaimana cara cek penerima BLT BBM Rp600.000 melalui ponsel?

Pengecekan penerima bansos dapat dilakukan secara online melalui dua platform yakni aplikasi Cek Bansos dan laman resmi https://cekbansos.kemensos.go.id/.

1. Melalui Aplikasi Cek Bansos

Mengutip dari Instagram resmi Kementerian Sosial @kemensosri, Jumat (9/9/2022), berikut ini cara mengecek penerima BLT BBM melalui aplikasi Cek Bansos. Sebelumnya yang perlu Anda lakukan adalah unduh aplikasi dan buat akun terlebih dahulu.
– Unduh aplikasi Cek Bansos yang bisa diunduh di Play Store
– Agar bisa mengakses daftar penerima manfaat BLT BBM, Anda diharuskan memiliki akun yang bisa dibuat dengan klik tombol “Buat Akun”
– Isikan informasi sesuai data kependudukan Anda, sebab data akan dipadankan dengan data dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil)
– Kemudian, jika telah selesai mengisi data diri, Anda dapat mengunggah foto KTP sesuai ketentuan dan Anda akan menerima kode OTP melalui alamat email, yang digunakan untuk memverifikasi akun.

Berikutnya, cek penerima bansos BLT BBM di aplikasi Cek Bansos dilakukan dengan cara berikut:

– Login atau masuk ke aplikasi Cek Bansos menggunakan akun yang telah terdaftar
– Klik Menu “Cek Bansos” untuk mencari daftar penerima bansos BLT BBM 2022
– Masukkan data wilayah berupa provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, kelurahan/desa, dan nama sesuai KTP
– Pastikan data yang dimasukkan sudah benar, dan klik tombol “Cari Data”.
– Sistem akan menampilkan hasil pencarian penerima bansos Kemensos berdasarkan data yang diinputkan.

Baca Juga: Penyaluran BLT BBM Sukoharjo Rampung Pekan Ini, 30 Menit Layani 50 Warga

2. Melalui laman cekbansos.kemensos.go.id

Berbeda dengan Aplikasi Cek Bansos, dengan cara ini Anda tidak perlu mengunduh aplikasi terlebih dahulu di ponsel Anda. Cukup buka browser dan akses cekbansos.kemensos.go.id. Berikut ini adalah cara cek penerima BLT BBM melalui website:

– Buka dan akses situs resmi cekbansos.kemensos.go.id
– Masukkan data diri dan alamat sesuai KTP
– Masukkan nama sesuai KTP dan ketik 8 huruf kode chapta
– Selanjutnya klik ‘cari data’
– Hasil akan muncul secara otomatis. Jika Anda termasuk penerima manfaat, identitas Anda akan muncul dalam data yang ditampilkan.

Itulah informasi mengenai cara cek penerima BLT BBM 2022 Rp600.000.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya