top ear
ilustrasi (Freepik)
  • SOLOPOS.COM
    ilustrasi (Freepik)

Bisa Lancarkan Sirkulasi Darah, Ini Manfaat Tidur Dengan Guling

Setiap orang pasti punya kebiasaan tidur masing-masing. Tak sedikit orang merasa tak nyaman jika tidur tanpa guling.
Diterbitkan Rabu, 25/11/2020 - 13:07 WIB
oleh Solopos.com/Ratih Nisa Intana
2 menit baca

Solopos.com, SOLO--Setiap orang pasti punya kebiasaan tidur masing-masing, mulai tidur dengan atau tanpa bantal. Namun, tak sedikit orang yang merasa kurang nyaman jika tidur tanpa guling menyangga antar kaki mereka.

Bagi masyarakat Indonesia, guling adalah peralatan tidur yang khas dan tidak dapat dipisahkan. Walau tidak banyak digunakan oleh masyarakat lain di seluruh dunia, namun guling ternyata juga memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang tidak bisa disepelekan.

Tidur dengan bantal atau guling di antara kedua kaki dapat membantu tubuh menjadi lebih nyenyak dan nyaman saat tidur. Seperti yang dikuti dari Liputan6.com dan sumber lain belum lama ini, berikut manfaat tidur menggunakan guling.

Dokter Spesialis Anak: Vaksin Tidak Bahaya, Justru Banyak Manfaatnya

Melancarkan sirkulasi darah

Tidur dengan bantal atau guling di kaki dapat membantu meringankan aliran darah di tubuh. Ini juga menghilangkan tekanan dari pembuluh darah, memudahkan sirkulasi darah, membantu organ berfungsi dengan baik dan bahkan meningkatkan sistem kekebalan. Selain itu, posisi ini dapat membantu untuk meredakan nyeri karena varises.

Mencegah mendengkur

Menurut para ahli, tidur miring ke kiri merupakan posisi terbaik untuk orang yang kerap mendengkur saat tidur. Namun, tidur dengan satu sisi bisa memberi tekanan pada punggung dan pinggul, sehingga disarankan untuk meletakkan guling di antara kedua kaki agar lebih rileks.

Cegah Buku Kesayangan Menguning, Lakukan 4 Cara Ini

Mengurangi nyeri lutut

Jika nyeri lutut sering membuat kalian terjaga di malam hari, mungkin ini saatnya kalian mulai tidur dengan guling di antara kedua kaki kalian. Bantalan di antara dua kaki akan membantu kalian rileks dan meredakan nyeri. Jika kalian tidur telentang, letakkan bantal di bawah lutut. Namun, jika tidur miring coba letakkan guling di antara lutut.

Membantu mempertahankan posisi tubuh yang benar

Tidur yang salah, bisa berbahaya bagi tubuh dan dapat menyebabkan nyeri punggung, pinggul, serta sendi. Oleh karena itu, tidur dengan bantal di antara kedua kaki dapat mengurangi tekanan pada punggung bawah dan tulang belakang kalian.

Jika tidur telentang, letakkan bantal kecil di bawah tulang punggung juga. Sehingga, dapat membantu kalian menjaga tubuh tetap sejajar dalam postur yang baik. Namun, apabila bantal biasa tidak cukup, cobalah untuk menggunakan bantal yang dibuat khusus dan tersedia online yang dapat membantu tidur lebih nyenyak.


Editor : Profile Anik Sulistyawati
LIKE di sini untuk lebih banyak informasi terbaru di Solopos.com
DataUtama

berita terpopuler

Iklan Baris

Properti Solo & Jogja

berita terkini