SOLOPOS.COM - Ari Winanto, 46, dan istrinya, Sri Hastuti, 41, warga Banjarsari, Solo, menunjukkan tanaman hias Monstera King Varigata miliknya yang dihargai Rp250 juta, Sabtu (11/9/2021) malam.(Kurniawan/Solopos)

Solopos.com, SOLO-– Pasangan suami istri asal Kecamatan Banjarsari, Solo, Ari Winanto,46, dan Sri Hastuti, 41, mencuri perhatian karena membeli dua tanaman hias jenis Monstera King Variegata dari lereng Gunung Lawu seharga Rp225 juta, Jumat (10/9/2021).

Sri menjelaskan tanaman hias miliknya istimewa karena memiliki lima tongkol yang siap mengeluarkan biji atau benih. Satu tongkol bisa mengeluarkan benih hingga seratus. Biji-biji tersebut bisa disemai agar tumbuh jadi tanaman.

Promosi Layanan Internet Starlink Elon Musk Kantongi Izin Beroperasi, Ini Kata Telkom

“Tongkolnya kalau disilangin, kalau keluar varigatanya warna pink, satu daun harganya bisa sampai ratusan juta rupiah, nanti bibitnya. Makanya yang jenis ini masih tergolong langka, banyak dicari kolektor berbagai negara,” terang dia.

Sri membandingkan satu tanaman kecil Monstera Varigata dengan dua atau tiga daun saja yang mencampai Rp15 juta. Artinya tanaman Monstera King Varigata miliknya yang mempunyai lima tongkol harganya menjadi berkali lipat.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca juga: Cerita Warga Solo Boyong Monstera King Variegata Gunung Lawu Rp225 Juta

Selain itu menurut Sri tanaman miliknya mempunyai varigata atau corak berpola acak yang berkesan mewah. “Tanaman ini mendunia karena bentuknya unik. Apalagi ini varigatanya yang paling unggul, warnanya berkesan mewah,” kata dia.

Fenomena hobi tanaman hias khususnya jenis monstera kian berkembang di masa pandemi. Hal ini menjadi peluang bagi mereka yang ingin menjadikannya sebagai ladang bisnis dan mencari cuan.

Nah, bagi Anda yang tertarik ingin mengoleksi tanaman monstera atau bahkan menjadikan sebagai lahan bisnis ada baiknya Anda mengetahui jenis-jenis tanaman ini.

Baca juga: Tak Perlu ke Jepang, Menikmati Mini Tokyo Bisa ke Dlingo Bantul Hlo

Berikut jenis-jenis tanaman hias monstera yang dirangkun Solopos.com dari berbagai sumber, Senin (13/9/2021):

1. Monstera Deliciosa

Monstera Deliciosa (wikipedia)
Monstera Deliciosa (wikipedia)

Monstera Deliciosa merupakan jenis monstera yang paling populer sejak dulu. Tanaman ini mudah dikenali dengan daun yang besar, lebar dan berlubang menyerupai celah. Monstera Deliciosa kerap dijadikan dekorasi ruangan yang cantik dan segar ala tropikal.

Harga monstera deliciosa juga jauh lebih terjangkau dibanding janda bolong. Monstera deliciosa bisa didapat mulai dari hara Rp50.000 sampai Rp300.000.

2. Monstera Borsigniana

Monstera Borsigniana (liputan6)
Monstera Borsigniana (liputan6)

Monstera Borsigniana sebenarnya adalah variasi dari deliciosa. Meskipun penampilannya mirip dengan Monstera deliciosa, Monstera borsigiana berukuran lebih kecil. Tanaman ini juga tumbuh lebih cepat jika memiliki kondisi pertumbuhan yang tepat. Tanaman dewasa biasanya membentuk dua baris celah yang rapi. Sementara celah daun deliciosa lebih berliku.

Monstera Borsigniana juga memiliki harga yang tak jauh berbeda dari Monstera Deliciosa. Tanaman hias ini bisa didapat mulai dari Rp70.000 sampai Rp700.000.

3. Monstera Obliqua

Monstera Obliqua (wikipedia)
Monstera Obliqua (wikipedia)

Monstera Obliqua merupakan jenis monstera yang kini sedang hits. Monstera Obliqua inilah yang dikenal sebagai janda bolong. Monstera Obliqua juga kerap disamakan dengan jenis Monstera Adansonii. Meski sekilas nampak mirip, Monstera Obliqua memiliki daun yang lebih tipis dan lubang yang lebih banyak. Lubang di daun ini bisa memakan sekitar 90% daun.

Monstera Obliqua terbilang tanaman yang cukup langka. Jenis monstera berasal dari berasal dari Amerika Tengah dan Selatan. Tanaman ini langka dan memiliki pertumbuhan yang lambat. Monstera Obliqua yang asli bisa dihargai hingga jutaan rupiah.

4.Monstera Adansonii

Monstera Adansonii (liputan6)
Monstera Adansonii (liputan6)

Monstera Adansonii juga termasuk jenis janda bolong yang sedang populer. Jenis monstera ini lebih terjangkau dibading Obliqua karena bisa dengan mudah ditemukan di Indonesia. Varietas ini sedikit lebih kecil dari deliciosa.

Tanaman ini juga dikenal dengan lubang didaunnya yang bisa memakan sekitar 50% daun. Adansonii juga cenderung memiliki daun yang lebih tebal dan lebih kasar daripada obliqua.

Monstera Adansonii cukup mudah ditemukan. Namun, jenis janda bolong ini kerap salah dilabeli sebagai monstera obliqua. Harga Monstera Adansonii dipatok mulai dari puluhan ribu rupiah hingga ratusan ribu rupiah.

5. Monstera Variegata

Monstera Variegata (wikipedia)
Monstera Variegata (wikipedia)

Jenis Monstera Variegata bukan jenis tanaman terpisah melainkan variasi warna. Monstera Variegata termasuk tanaman yang kini punya harga fantastis berkat keunikan warnanya.

Tanaman ini bisa memiliki variasi warna antara corak putih atau krem serta berwarna hijau. Tanaman ini cenderung lebih sulit ditemukan dan karenanya jauh lebih mahal.

Monstera Variegata juga dikenal sebagai konstelasi Thailand ini berasal dari mutasi genetik. Mutasi yang indah ini dapat memengaruhi spesies Monstera yang berbeda. Monstera Variegata dapat hadir pada jenis monstera obliqua, deliciosa, hingga adansonii.

6.Monstera Pinnatipartita

Monstera Pinnatipartita (liputan6)
Monstera Pinnatipartita (liputan6)

Jenis monstera ini memiliki daun yang sangat besar dan mengkilap, tetapi cenderung menumbuhkan celah panjang, bukan lubang yang mengarah ke tepi daun. Batang daunnya kaku dan kokoh serta memiliki warna hijau zamrud yang indah.

Monstera pinnatipartita berasal dari hutan hujan Amerika Selatan di Kolombia, Ekuador, dan Peru. Jenis monstera ini sedikit lebih sulit ditemukan, tetapi Anda biasanya dapat mencari satu atau dua secara online. Harganya berkisar antara jutaan rupiah.



7.Monstera Dubia

Monstera Dubia (wikipedia)
Monstera Dubia (wikipedia)

Monstera Dubia bisa dikenali dengan daun yang sangat kecil berbentuk hati dengan warna hijau tua dan hijau muda. Monstera Dubia tumbuh seperti tanaman merambat dengan batang dan daun yang lebih pendek.

Monstera dubia adalah spesies tumbuhan dalam genus Monstera yang berasal dari Amerika Tengah dan Selatan. Tanaman ini bisa merambat dengan indah di tembok atau pepohonan.

Monstera Dubia juga termasuk jenis monstera yang sulit ditemukan. Harganya bisa mencapai belasan juta rupiah.

8. Monstera Siltepecana

Monstera Siltepecana (Liputan6)
Monstera Siltepecana (liputan6)

Varietas cantik ini memiliki daun besar berbentuk tetesan air mata dengan lubang-lubang kecil yang terkonsentrasi di sekitar urat tengah. Monstera Siltepecana seringkali berwarna lebih terang daripada monstera lainnya.

Sama seperti jenis dubia, harga Monstera Siltepecana juga cukup tinggi. Monstera Siltepecana bisa dihargai mulai dari Rp1 juta hingga Rp7 juta.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya