SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Dok/JIBI/SOLOPOS)

Solopos.com, SOLO – Berbisnis bisa dilakukan kapan saja, namun ada waktu atau momen-momen tertentu yang lebih tepat untuk memulanya.  Peluang bisnis atau usaha menjanjikan terbuka lebar saat bulan puasa atau Ramadan yang bisa kita manfaatkan.

Bulan puasa biasanya banyak orang mengubah pola konsumsi sehingga terkesan lebih boros dari biasanya. Hal ini bisa menjadi peluang usaha bagi mereka yang pandai atau jeli memanfaatkan peluang.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Berikut sederet bisnis menjanjikan yang bisa dicoba saat Ramadan seperti dirangkum dari berbagai sumber, Senin (21/3/2022):

Baca Juga: Alila Solo Hadirkan Sajian Autentik 4 Negara Selama Ramadan

1. Restoran atau Warung Makan

Bisnis makanan adalah peluang usaha yang paling menjanjikan, saat Ramadan keinginan orang akan makanan menjadi lebih banyak dan variatif terlebih lagi beberapa orang akan memilih untuk membeli makanan di luar dibandingkan dengan memasak sendiri.

Banyak juga acara seperti buka bersama yang dilakukan di restoran ataupun warung makan setiap harinya, ini adalah pendukung utama dalam bisnis sebagai penghasilan yang paling banyak.

2. Katering Makanan

Jika membuka warung makan ataupun restoran membutuhkan tempat untuk jualan, ketering makanan lebih fleksibel perihal tempat karena bisa dilakukan di rumah sekalipun dan tetap mendapatkan konsumen yang menjanjikan di bulan Ramadhan.

Banyak acara seperti buka bersama, tarawih, pengajian hingga bagi-bagi takjil ataupun buka yang memerlukan pemesanan ke usaha katering makanan. Jika bisa mempertahankan rasa maupun harga bisnis ini akan memiliki penghasilan yang banyak dan peminat yang tidak akan sepi.

3. Bisnis Kue Kering

Kue kering adalah sajian yang paling identik dengan Ramadhan terlebih lagi menjelang lebaran, semua orang cenderung akan mencari penjual kue kering untuk dijadikan makanan pelengkap saat berkumpul dengan keluarga.

Bisnis ini sangat cocok untuk orang yang memiliki bakat dalam pembuatan kue kering. Konsumen biasanya juga tidak terpaku pada satu jenis kue saja, sehingga macam-macam kue dapat dikreasikan secara fleksibel sesuai dengan modal dan kemampuan. Terlebih lagi di era sekarang ini pemasaran bisa dilakukan dengan jangkauan luas lewat ecommerce tertentu.

Baca Juga: Peluang Bisnis Menjanjikan, Begini Cara Menjadi Agen Jasa Pengiriman

4. Bisnis Takjil atau Makanan Berbuka Puasa

Saat Ramadan biasanya orang-orang akan mencari makanan untuk berbuka puasa yang lebih spesial dari biasanya. Makanya tak jarang orang yang berpuasa akan mencari referensi dari para penjaja makanan yang biasanya bermunculan saat Bulan Puasa.

Nah, Anda juga bisa mulai berbisnis takjil atau makanan berbuka puasa karena banyak orang yang membutuhkannya. Anda juga punya peluang untuk mendapat pesanan dari mereka yang akan melakukan buka puasa bersama atau berbagi takjil yang sering dilakukan komunitas, lembaga, kantor, dan lain-lain.

5. Baju Muslim

Baju muslim adalah barang yang selalu dibeli pada bulan Ramadan, mayoritas orang akan membeli baju baru untuk digunakan saat Lebaran.

Penjualan baju muslim juga tidak perlu untuk dilakukan secara konvensional, ada berbagai cara untuk menjual baju secara online baik dengan media sosial ataupun platform ecommerce seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, dan lain sebagainya.

6. Parsel

Selain membuat kue kering, tak ada salahnya Anda juga membuat jasa pembuatan parsel yang akan sangat menguntungkan menjelang Lebaran nanti.

Anda bisa menawarkan beberapa jenis parsel dengan isian berbeda, misalnya berupa kue kering, aneka macam makanan ringan, sembako (sembilan bahan pokok), barang pecah belah, atau bahkan pakaian atau kain khas.

Baca Juga: Emak-Emak di Wonogiri Tangkap Peluang Bisnis dengan Batik Ciprat

7. Ketupat

Memang di bulan puasa orang belum banyak yang memesan ketupat, tapi saat menjelang Lebaran pasti permintaan akan meningkat.

Berbicara tentang berjualan ketupat sebagai usaha di Ramadan, Anda mempunyai pilihan yaitu menjual ketupat secara matang atau hanya selongsongnya saja.

Selain itu, untuk menambah keuntungan, Anda bisa juga menawarkan sayur ketupatnya sekaligus.

8. Custom Stoples dan Tempat Makan

Walaupun terdengar sederhana, tapi tak jarang orang yang membeli stoples atau tempat makan baru supaya meja tamu mereka terlihat lebih bagus.

Saat hari raya, biasanya keluarga akan berkumpul dan melakukan makan bersama. Tak hanya itu, bahkan mereka juga mengadakan open house untuk orang-orang di sekitar rumahnya.

Nah, maka dari itu, mendekor meja tamu atau meja makan biasanya dilakukan supaya terlihat lebih indah.



Cobalah membuat usaha pembuatan stoples dan tempat makan dengan sistem customize, di mana desainnya bisa disesuaikan dengan permintaan pelanggan, sehingga ia bisa menyesuaikannya dengan tema Lebaran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya