SOLOPOS.COM - Foto ilustasi: Ini dia cara mengatasi bibir kehitaman (elitedaily.com)

Solopos.com, SOLO – Memiliki bibir gelap tentunya akan menggangngu penampilan dan jadi masalah serius khususnya wanita. Oleh karena itu, para wanita suka menggunakan lipstik untuk menutupi bibirnya yang gelap dan meningkatkan rasa percaya dirinya.

Banyak orang merawat bibir gelapnya agar jadi menjadi merah muda kembali dengan berbagai cara. Namun kebiasaan yang kalian lakukan, tanpa disadari juga ikut menyebabkan bibir menjadi gelap. Dilansir dari Liputan6.com belum lama ini, berikut beberapa kebiasaan yang dapat memicu bibir berwarna gelap.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Doni Monardo Tegaskan Cegah Kerumunan Modal Cegah Covid-19

Ekspedisi Mudik 2024

Tidak Membersihkan Bekas Lipstik

Jika kalian malas membersihkan sisa lipstik setelah seharian beraktivitas, inilah yang mungkin jadi salah satu penyebab bibir gelap. Bahan kimia dalam lipstik yang dibiarkan terlalu lama, dapat membuat pigmen bibir akan menjadi lebih gelap. Jadi, jika ingin kalian sehat natural, usahakan untuk rajin membersihkan sisa lipstik secara menyeluruh.

Kandungan Lipstik

Sebelum membeli lipstik cobalah untuk selalu memperhatikan kandungan yang tertera di label kemasan. Hindari lipstik yang mengandung isopalmitate sebacate, ricinoleic acid, dipentaerythritol fatty acid dan coal tar. Kandungan ini bisa menimbulkan reaksi alergi pada bibir sehingga menyebabkan bibir menjadi gelap.

Terpapar Sinar Matahari

Bibir adalah bagian tubuh manusia yang paling mungkin mengalami hiperpigmentasi karena terpapar sinar matahari yang mengandung UVA dan UVB. Produksi melanin yang berlebihan akan membuat bibir menjadi gelap. Sebagai pencegahan, gunakan juga lip balm yang mengandung SPF.

Terlalu Banyak Kafein

Konsumsi minuman panas berkafein secara teratur, seperti kopi atau teh, ternyata dapat menyebabkan bibir menjadi lebih gelap. Kafein adalah diuretik yang membuat Anda sering buang air kecil.

Jika, kadar diuretik berlebihan dalam tubuh, ini dapat menyebabkan dehidrasi karena cairan terus mengalir melalui urin. Pada saat yang sama, tubuh yang dehidrasi dapat membuat bibir pecah-pecah, tidak sehat, dan dapat merubah warna bibir menjadi lebih gelap.

Walah, Libur Panjang Akhir Tahun Bisa Ditiadakan Bila...

Menggigit Bibir

Meskipun, terdengar sepele, menjilat dan menggigit bibir justru bisa merusak kesehatan bibir. Kebiasaan ini akan membuat bibir menjadi lebih kering dan jika dibiarkan dalam waktu yang lama akan menggelapkan bibir.

Kurang Merawat Bibir

Seperti anggota tubuh lainnya, bibir juga butuh perawatan ekstra. Apalagi, jika kalian memakai lipstik setiap hari. Untuk menjaga bibir tetap cantik natural, jangan pernah malas menggunakan lip balm secara rutin dan melakukukan eksfoliasi bibir minimal dua kali sepekan. Eksfoliasi ini untuk mencegah penumpukan residu lipstik dan mengangkat sel kulit mati di bibir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya