SOLOPOS.COM - Wayne Rooney kembali diandalkan untuk mencetak gol (Mirror)

Solopos.com, SOLO — Halo footballovers, berjumpa lagi dengan kami yang akan terus memberikan informasi dan kisah menarik seputar dunia sepak bola. Buat kamu yang gak mau ketinggalan info dan kisah menarik dalam dunia sepak bola, jangan lupa untuk kunjungi peluitpanjang.id.

PeluitPanjang.id adalah portal berita olahraga khususnya sepak bola ter-update saat ini. Dibentuk pada 7 Februari 2020 di Jakarta oleh sekumpulan anak muda yang memiliki keinginan kuat untuk menjadi pelopor berita olahraga dengan informasi terdepan dan terakurat.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Konten yang disajikan PeluitPanjang.id dimulai dengan sekumpulan berita mengenai sepak bola dalam dan luar lapangan, kemudian berkembang dengan memberikan pemberitaan lebih menyeluruh dengan memberikan analisis mengenai sebuah pertandingan yang akan berjalan dengan lengkap.

Footballovers, masih ingatkan dengan Wayne Rooney? Ya, ia adalah salah satu bintang yang pernah dihasilkan oleh klub yang bermarkas di Old Trafford, Manchester United. Seperti apakah kisah dan perjalanan kariernya, simak ulasannya di bawah ini.

Kelahiran Rooney

Wayne Mark Rooney, lahir pada 24 Oktober 1985 di Croxteth Town, Liverpool, Inggris. Ia adalah putra dari pasangan Thomas Rooney dan Jeanette Marie. Orang tua Rooney adalah warga Irlandia yang bermigrasi ke Liverpool, untuk mendapat kehidupan yang lebih baik.

Baca Juga: Moncer, Rashford Disejajarkan dengan Ronaldo & Rooney

Rooney memiliki dua adik laki-laki yang juga punya hobi bermain bola bernama Graham Rooney dan John Rooney. Sejak kecil, Rooney sudah sangat mencintai sepak bola. Hal tersebut diikuti sebuah fakta bahwa sewaktu masih berada di sekolah, bolanya disita.

Karena marah, Rooney lantas merusak peralatan laboratorium sains. Dirinya diskors selama dua hari setelah terbukti bersalah.

Bergabung dengan Tim Everton

Saat berusia sembilan tahun, Rooney ditemukan oleh pemandu bakat milik Everton, Bob Pendleton. Ia lalu diminta bergabung dengan Everton pada 1996.

Setelah bermain apik bersama tim junior selama kurang lebih 6 tahun, bakatnya yang terus berkembang membuat dirinya mampu masuk ke tim utama pada tahun 2002. Mencetak 15 gol dalam 67 penampilannya bersama Everton, Rooney diminati oleh Manchester United.

Bergabung dengan Manchester United

Dengan biaya sekitar 25,6 juta euro atau sekitar Rp409 miliar, Rooney resmi menjadi bagian dari skuad Setan Merah pada musim 2004. Bayaran tersebut menjadi yang tertinggi untuk seorang pemain yang masih berusia di bawah 20 tahun. Ketika itu, Rooney masih berusia 18 tahun. Di United ia mengenakan kostum bernomor punggung 8.

Rooney memulai debut dengan Manchester United pada musim 2004/05, kala MU berhadapan dengan Fenerbahce di ajang Liga Champions pada 28 September 2004. Ia mencetak hattrick dalam kemenangan 6-2 Manchester United atas tim asal Turki.

Baca Juga: Paul Pogba Telah Jalani Laga Terakhirnya di Manchester United?

Di ajang Piala Liga 2006, Rooney sukses mencetak dua gol saat MU berhasil menuntaskan perlawanan Wigan Athletic dengan skor 4-0. Musim 2005/06, dirinya mencetak 16 gol dalam 36 pertandingan Liga Inggris.

Rooney mengawali musim 2006/07 dengan performa yang kurang maksimal. Namun, penampilannya kembali membaik setelah beberapa saat. Dia bahkan mampu mencetak hattrick ke gawang Bolton Wanderers dan menutup musim tersebut dengan torehan 14 gol.

Musim 2007/08, Rooney melewatkan beberapa pertandingan setelah mengalami cedera. Meski begitu, ia berhasil mencetak 18 gol dan mempersembahkan gelar Liga Champions bagi Manchester United.

Rooney menjadi pemain termuda dalam sejarah yang mampu bermain sebanyak 200 pertandingan ketika ia menjalani laga melawan Blackburn Rovers pada Oktober 2008. Tahun 2009, Rooney mencetak gol terakhir di musim tersebut ke gawang Tottenham Hotspurs. Secara keseluruhan, pemain asal Inggris itu sukses menyarangkan bola ke dalam gawang sebanyak 20 kali.

Pada Februari 2011, Wayne Rooney tampil di laga derby melawan Manchester City. Pada pertandingan tersebut, ia mencetak gol indah yang tak akan terlupakan sepanjang kariernya.

Baca Juga: Pensiun dari Timnas Inggris, Rooney Banjir Dukungan

Menerima umpan dari rekannya, Rooney sukses menjebol gawang The Citizen melalui aksi akrobatik. Gol tersebut sekaligus membawa kemenangan Manchester United atas rival sekota.

Musim 2011/12, Rooney membantu Manchester United yang menghajar Arsenal dengan skor 8-2. Ia mencetak hattrick dan sekaligus mencatatkan gol ke-150 nya untuk Manchester United. Pertandingan selanjutnya saat United berhadapan dengan Bolton, Rooney juga berhasil menyumbang 3 gol pada kemenangan 5-0 mereka.

Pada tahun 2013, Rooney melakukan transplantasi rambut setelah kepalanya mengalami kebotakan. Ketika itu, Rooney mendatangi sebuah klinik di London untuk memperbaiki sedikit penampilannya.

Musim 2014/15, Rooney diberi tugas sebagai kapten oleh Louis van Gaal setelah dua nama senior seperti Patrice Evra dan Nemanja Vidic memutuskan hengkang. Pada 14 September 2014, Rooney berhasil mencetak gol ke gawang Queens Park Rangers. Gol tersebut punya catatan sejarah tersendiri setelah menyamai torehan gol sang legenda Arsenal, Thierry Henry yang sudah mengoleksi 175 gol sepanjang kariernya di Premier League.

Hengkang dari Manchester United

Hingga akhirnya pada musim 2017/18, Rooney memutuskan untuk kembali ke Everton. Semusim bermain di klub lamanya, Rooney terbang ke negeri Paman Sam untuk bergabung dengan DC United. Bersama DC United, Rooney menandatangani kontrak hingga 2021.



Kariernya di Timnas

Kariernya di Tim Nasional juga terbilang baik. Ia mulai membela The Three Lions sejak di usia junior. Tercatat ia pernah berseragam tim U-15 hingga U-19 sebelum naik ke timnas senior. Debutnya di tim senior Inggris terjadi pada 12 Februari 2003 kala Inggris takluk 1-3 dari Australia.

Pada 6 September 2003 ia mencetak gol debutnya bagi Inggris ke gawang Makedonia pada usia 17 tahun 317 hari, ia menjadi pemain termuda yang mencetak gol bagi Timnas Inggris.

Baca Juga: Rooney: Ayo Pecahkan Rekor Golku di Timnas Inggris Kane!

Dirinya mulai menjadi andalan lini depan Timnas Inggris, ia tampil di Piala Eropa 2004, ketika ia mencetak dua gol dalam pertandingan kedua grup melawan Swiss, ia menjadi pencetak gol termuda dalam sejarah turnamen. Namun, rekor ini di pecahkan oleh gelandang Swiss Johan Vonlanthen empat hari kemudian. Rooney mampu cetak 4 gol di ajang tersebut.

Dalam kurun satu dekade ke depan ia selalu menjadi andalan The Three Lions di setiap laga, ia juga bermain di Piala Dunia 2006, Piala Dunia 2010, dan Piala Dunia 2014. Selain itu, ia bermain di Piala Eropa 2012 dan Piala Eropa 2016.

Kini ia menjadi salah satu pemain dengan koleksi penampilan terbanyak bagi Timnas Inggris dengan 120 laga, dan dirinya juga sedang memegang rekor pencetak gol terbanyak dengan 53 gol.

Kehidupan Pribadinya

Kemudian dalam kehidupan pribadinya, Wayne Rooney menikah dengan Coleen Mary McLoughlin. Mereka menikah pada 12 juni 2008 setelah sempat berpacaran sejak tahun 2001.

Pernikahan mereka menghasilkan tiga anak, anak pertama lahir pada November 2009 yang bernama Kay Wayne Rooney, empat tahun kemudian anak kedua mereka lahir, dan pada 24 Januari 2016 Coleen melahirkan anak yang ketiga.

Hubungan mereka sangat erat. Rooney merasa menghabiskan waktu bersama keluarga adalah sesuatu yang indah.

Hingga kini, Wayne Rooney sudah memenangkan berbagai gelar bergengsi seperti Liga Primer Inggris, Piala Liga Inggris, FA Cup, Liga Champions Eropa, hingga Piala Dunia Antar Klub. Berbagai penghargaan individu pun telah ia raih diantaranya seperti pemain terbaik Piala Eropa U-17, pemain terbaik Liga Inggris, pemain terbaik Manchester United, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Rekor Rooney di MU Bakal Sulit Dipecahkan

Selain itu, saat ini ia juga sedang memegang rekor sebagai pencetak gol terbanyak United dengan 249 gol. Itulah kisah perjalanan hidup Wayne Rooney.

Itu tadi informasi mengenai profil biografi dari Wayne Rooney. Agar tidak ketinggalan mengenai update bola terlengkap dan berita terupdate mengenai berita Wayne Rooney lainnya, jangan lupa untuk selalu mengunjungi situs PeluitPanjang.id.

Selain berita dari Wayne Rooney ada juga berita terupdate dari pemain bintang dan klub beberapa liga top dunia seperti Premier League Inggris, BundesLiga Jerman, La Liga Spanyol, liga seri A Italia dan Ligue 1 Perancis. Fokus PeluitPanjang.id adalah sebagai media berita yang perlahan berkembang untuk memberikan pemberitaan terlengkap cabang sepak bola top di dunia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya