[ X ] CLOSE

Bingung Cari Rumah Subsidi, Coba 3 Aplikasi Online Ini

Melalui aplikasi Sikasep, masyarakat yang cari rumah bisa mengakses informasi lengkap tentang rumah subsidi yang masih tersedia.
Bingung Cari Rumah Subsidi, Coba 3 Aplikasi Online Ini
SOLOPOS.COM - Ilustrasi rumah bersubsidi (Bisnis.com)

Solopos.com, SOLO — Kebutuhan rumah subsidi terus melonjak karena menjadi salah satu pilihan utama bagi masyarakat yang ingin memiliki hunian. Namun, ada kalanya masyarakat kebingungan saat cari rumah subdisi di daerah yang mereka inginkan.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sudah menyediakan tiga sarana daring/online untuk memudahkan masyarakat cari rumah subsidi. Masyarakat bisa mengecek informasi tentang rumah subsidi, lokasinya, harga, pengembangnya, hingga transaksi pembelian.

Pertama, melalui situs http://rumahsubsidi.pu.go.id/ yang merupakan laman resmi milik Kementerian PUPR. Kedua, melalui situs Sistem Informasi Kumpulan Pengembang (SiKumbang) di laman https://sikumbang.ppdpp.id/.  Laman ini dikelola Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) Kementerian PUPR.

Baca Juga: Wow! Kartunis Semarang Diganjar Penghargaan Internasional Turki

Ketiga, melalui aplikasi Sistem Informasi KPR Subsidi Perumahan (Sikasep) yang terlebih dulu harus diunduh di aplikasi Playstore. Berikut perincian tiga sarana online untuk cari rumah subsidi

Situs Rumahsubsidi

Situs ini merupakan laman resmi milik Kementerian PUPR yang menyediakan informasi mengenai ketersediaan rumah subsidi di seluruh provinsi Indonesia. Situs ini juga dapat diakses oleh para pengembang yang mau memasukkan data perumahan bersubsidinya.

Bagi para calon pembeli, situs ini menyediakan fitur informasi mengenai lokasi rumah subsidi, data luas bangunan, jumlah kamar, luas tanah, tipe rumah hingga nama pengembang.

Untuk mengakses informasi tersebut melalui situs ini, pengunjung laman hanya perlu memasukkan kategori data perumahan subsidi yang hendak dicari, terutama lokasi provinsi dan kabupaten/kota, di kolom yang sudah tersedia.

cari rumah subsidi

Situs SiKumbang

Laman https://sikumbang.ppdpp.id/ merupakan situs resmi yang dikembangkan untuk pendataan perumahan berubsidi maupun tidak, beserta informasi lokasi hingga identitas pengembang.

Baca Juga: Kemendikbud Ganti Sikapi Aturan Berkerudung Saat Pelajaran Agama

Pada laman awal akan disediakan opsi pilih lokasi mulai dari tingkat provinsi hingga kecamatan serta asosiasi. Bila ingin cari rumah subsidi, bia menggunakan tombol cari.

SiKumbang akan memperlihatkan hasil pencarian akan menyajikan lokasi perumahan, unit subsidi yang tersedia, unit komersial yang tersedia, kebutuhan unit rumah, serta jumlah unit rumah yang diinginkan.
.
Dengan meng-klik “lihat detail lokasi” maka SiKumbang akan memperlihatkan foto rumah lengkap dengan detail rumah, lokasi, serta spesiifikasi rumah. SiKumbang juga akan melampirkan alamat dan kontak Kantor Pemasaran Pengembang.

Aplikasi SiKasep

Melalui aplikasi Sikasep, masyarakat yang cari rumah tidak hanya bisa mengakses informasi lengkap tentang rumah subsidi yang masih tersedia, tetapi juga fasilitas lain terkait pengajuan pinjaman KPR subsidi.

Baca Juga: Ini Tips Fengsui untuk Pelaku Peluang Bisnis Kuliner

Lewat aplikasi ini, masyarakat harus mendaftar dulu dengan memasukkan sejumlah data mulai nama hingga penghasilan sampai swafoto pengguna dan KTP. Setelah login, Anda tinggal memilih atau cari rumah subsidi yang diinginkan.

Tidak hanya itu, aplikasi ini juga dilengkapi dengan kalkulator kredit sebagai simulasi, sampai memilih bank untuk KPR. Sebelum berburu rumah subsidi, tidak ada salahnya coba cari dengan aplikasi ini.



Berita Terkait
    Promo & Events
    Ekspedisi Ekonomi Digital 2021
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago