SOLOPOS.COM - Bima Sakti (Antara/Andreas Fitri Atmoko)

Solopos.com, SLEMAN – Pelatih Tim Nasional (Timnas) U-16 Indonesia, Bima Sakti, berharap para pemainnya bisa mengikuti jejak gelandang Timnas senior Tanah Air, Marselino Ferdinan.

Bima menganggap Marselino berhasil menjaga performa sehingga bisa konsisten mengisi tempat di Timnas Indonesia sejak memperkuat Timnas U-16 pada 2019.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Semoga ada Marselino-Marselino lain dari Timnas U-16 saat ini,” ujar Bima di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Rabu (3/8/2022).

Menurut juru taktik berusia 46 tahun itu, salah satu kunci agar dapat bertahan atau eksis di belantara sepak bola nasional adalah disiplin. Selain itu, pemain tidak boleh cepat puas, terus belajar, tidak cepat besar kepala dan selalu mengasah diri agar kemampuan terus berkembang.

Ekspedisi Mudik 2024

“Kami dari tim pelatih sudah mengedukasi mereka soal itu. Jadi bukan hanya tentang ilmu sepak bola saja. Tentang hal di luar lapangan juga penting agar pemain terus belajar. Itulah kenapa kami menerapkan aturan-aturan di tim seperti pembatasan penggunaan handphone dan wajib beribadah bersama-sama,” tutur Bima.

Marselino Ferdinan menjadi salah satu pesepak bola muda nasional yang paling mendapatkan sorotan setidaknya pada satu tahun terakhir.

Baca Juga: Bali United Vs RANS Nusantara Hari Ini, Prediksi Tim dan Susunan Pemain

Pada usianya yang baru 17 tahun, dia menjadi andalan di timnas U-19, timnas U-23 dan mampu mendapatkan kepercayaan pelatih Shin Tae-yong untuk mengisi tempat di timnas senior Indonesia.

Marselino adalah pemain yang turut membawa Indonesia lolos ke Piala Asia 2023. Saat ini dia juga bagian dari skuad inti klub Liga 1 Indonesia Persebaya.

Pencapaian remaja yang lahir di Jakarta itu bisa dicontoh lantaran dia masih berstatus pemain timnas U-15/U-16 pada tahun 2019.

Baca Juga: Klasemen Lengkap Grup A, B, dan C Piala AFF U-16 2022 Hari Ini

Marselino Ferdinan ikut membawa Indonesia menduduki peringkat ketiga Piala AFF U-15 2019, dengan mengoleksi lima gol atau menjadi pencetak gol terbanyak kedua turnamen tersebut.

Kemudian, masih pada tahun 2019, Marselino juga membantu Indonesia lolos ke Piala Asia U-16 2020 dengan menjadi tim terbaik kedua dalam Grup G kualifikasi. Pada kualifikasi tersebut, Marselino membuat tujuh gol, hanya berbeda satu gol dari pemain tersubur keseluruhan.

Namun, Indonesia tak dapat berkompetisi di Piala Asia U-16 2020 karena pandemi COVID-19 membuat AFC memutuskan untuk membatalkan kompetisi itu.

Baca Juga: Timnas Menang Telak Atas Singapura, Begini Komentar Pelatih Bima Sakti

Timnas U-16 Indonesia kini tengah bertanding di Piala AFF yang berlangsung pada 31 Juli-12 Agustus 2022. Skuad berjuluk Garuda Asia saat ini berada di puncak klasemen Grup A dan berpeluang lolos ke semifinal.

Tempat di empat besar bisa diraih Indonesia secara langsung jika dapat menahan imbang tim peringkat kedua Vietnam, yang hanya kalah selisih gol pada klasemen, dalam pertandingan pamungkas kedua tim di Grup A Piala AFF U-16 2022, Sabtu (6/8/2022), di Stadion Maguwoharjo, Sleman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya