Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Billy Law Utamakan Ketulusan dalam Melayani

Presdir PT Superior Prima Sukses (SPS), Billy Law, menentukan prioritasnya dalam mengemban tanggung jawab memimpin perusahaan sesuai kebutuhan.
SHARE
Billy Law Utamakan Ketulusan dalam Melayani
SOLOPOS.COM - Presiden Direktur (Presdir) PT Superior Prima Sukses (PT SPS), Billy Law. (Solopos.com/Afifa Enggar Wulandari)

Solopos.com, SURABAYA–Memahami skala prioritas menjadi salah satu prinsip Presiden Direktur (Presdir) PT Superior Prima Sukses (SPS), Billy Law, dalam mengemban tanggung jawab. Billy menentukan mana yang menjadi prioritasnya berdasarkan tingkat kebutuhan.

Sebagai pimpinan perusahaan, Billy Law memiliki jadwal kegiatan yang padat sehingga harus bisa membagi waktu antara pekerjaan dan keluarga.

PromosiPromo Menarik, Nginep di Loa Living Solo Baru Bisa Nonton Netflix Sepuasmu!

“Dibagilah ya, pekerjaan dan keluarga. Seimbang, semua skala prioritas ya,” kata Billy, Kamis (22/12/2022), di SPS Corporate Office, Jl. Raya Kupang Baru No. 27, Dukuh Kupang, Kecamatan Dukuh Pakis, Kota Surabaya, Jawa Timur.

Kuis Solopos - Seru-seruan Asah Otak

PT SPS merupakan produsen bata ringan dengan merk Blesscon. Singkat cerita, pada 2011 Billy Law diberi kesempatan oleh CEO SPS Corporate dan SMB Group, Dermawan Suparsono, untuk bekerja sama membangun pabrik bata ringan. Setelah kurang lebih setahun proses pengerjaan dan persiapan, akhirnya di bulan April 2013 pabrik mulai beroperasi.

Pabrik pertama berlokasi di Mojokerto, Jawa Timur. Kemudian pada 2018, PT SPS menambah lini produksi dengan membuka pabrik kedua di Lamongan, Jawa Timur. Bisnis PT SPS semakin berkembang. Di bulan April 2021, PT SPS juga melebarkan sayap dengan membuka pabrik baru di Kabupaten Sragen.

Awal berdiri, jumlah karyawan PT SPS hanya sekitar 100 orang. Satu dekade bertahan, kini perusahaan tersebut mempunyai sekitar 1.500 karyawan. PT Superior Prima Sukses juga telah memiliki tim ekspedisi untuk pengiriman produksi sendiri. Tak hanya jumlah unit pabrik dan karyawan bertambah, angka produksi bata ringan juga meningkat dari mulanya 17.000 kubik menjadi sekitar 2,5 juta kubik per tahun.

“Di tahun 2012 mendirikan PT, dan tahun 2013 mulai operasional. Dulu yang pertama 100 karyawan paling ya. Sekarang di pabrik ada sekitar 1.000 orang, ditambah tim ekspedisi 500 orang. Dulu produksi 2013 setahun cuma 17.000 kubik, sekarang sudah sekitar 2,5 juta kubik per tahun,” sambung Billy.

Menjangkau Masyarakat Pelosok

Billy bercerita dirinya harus paham kondisi dan kebutuhan. Hal itu terkait skala prioritas yang menjadi prinsipnya dalam memimpin keluarga dan perusahaan. Di mana ia paling dibutuhkan, maka itu menjadi prioritas Billy.

“Di mana saya dibutuhkan, apabila keluarga lebih urgent ya saya mementingkan keluarga. Kalau di pekerjaan lebih dibutuhkan dan harus saya yang memutuskan, ya saya ada. Semua hal ada yang perlu diprioritaskan,” kata dia.

Nilai sosial dan value sebuah bisnis menurut Billy ada pada ketulusan dalam melayani. Bata merupakan produk yang dibutuhkan oleh seluruh jenis bangunan. Baik bangunan bertingkat (high rise) maupun perumahan warga. Berbekal itu, PT Superior Prima Sukses dengan produk Blesscon mempunyai komitmen menjangkau masyarakat Indonesia hingga ke pelosok daerah.

“Kita tulus. Yang penting sama semuanya adalah ketulusan. Bagi saya, produk saya tidak penting seberapa mewah rumah itu. Bata dan semen mau rumah seperti apa ya pemakaiannya sama. Project besar bagi saya bukan utama, tapi ingin lebih fokus ke perumahan rakyat,” katanya.

Saat berbincang dengan Espos, Billy tampak ramah dan mempunyai gaya komunikasi yang luwes. Saat ditanya apa hobinya, ia sendiri bingung. Ia memang suka olahraga, namun enggan menyebutnya sebagai hobi. Menurutnya, olahraga merupakan bagian dari pola hidup sehat. Menjaga kesehatan badan adalah satu kewajiban.

“Apa ya. Kalau olahraga suka, tapi bagi saya itu kewajiban. Jaga pola makan, hidup sehat itu kewajiban,” katanya diiringi tawa.

Bagi Billy, jabatan Presdir merupakan titipan dari Tuhan. Siapa pun yang kini tengah sukses dan menempati jabatan strategis menurutnya adalah orang-orang terpilih yang diberi mandat oleh Tuhan. Artinya, semakin pintar seseorang maka akan semakin banyak titipan dan tanggung jawabnya. Di akhir obrolan Billy berpesan agar selalu menjalankan mandat dengan baik.

“Bagi saya, semuanya adalah pemberian, kasih karunia, titipan. Kalau kamu berhasil atau lebih pintar, ya kamu dititipi lebih banyak dari orang lain. Itu bukan untuk dinikmati, tapi mandat karena dipilih Tuhan. Jadi jalankan mandat dengan baik,” pungkasnya.

Artikel ini telah terbit di Harian Umum Solopos edisi Weekend Sabtu-Minggu (21-22/1/2023).

 



Info Digital Tekno
Indeks
Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Info Perbankan
Indeks
Interaktif Solopos
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Kuis Solopos - Seru-seruan Asah Otak
      Emagz Solopos
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Interaktif Solopos
      Kuis Solopos - Seru-seruan Asah Otak
      Solopos Stories
      Part of Solopos.com
      ISSN BRIN
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode