SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO--Ruang terbuka memang membuat rumah terasa menjadi lebih asri, apalagi dengan adanya taman vertikal. Jika Anda memiliki lahan kosong, membuat taman di halaman belakang rumah bisa menjadi pilihan.

Namun, sering kali hal ini Anda berkecil hati karena lahan yang tersedia terlalu sempit. Dengan teknik taman vertikal atau vertical garden, Anda bisa mewujudkan taman hijau yang Anda impikan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Taman vertikal merupakan sebuah teknik menanam tanaman dengan menggunakan panel yang diposisikan secara vertikal. Anda bisa tempatkan tanaman Anda pada dinding, atau dengan menggunakan rak khusus. Intinya adalah untuk menimalisir penggunaan lahan.

Ekspedisi Mudik 2024

Kisah Antonius Prabowo, Mantan Satpam & Tukang Cuci Yang Jadi Anggota DPRD Solo

Di era modern, taman vertikal berkembang dan diberi sentuhan popular sehingga makin banyak orang yang tertarik menjadikannya untuk dekorasi rumah. Jenis tanaman vertikal ini pun semakin beragam. Berikut beberapa inspirasi taman vertikal yang dikutip dari arsitag.com:

Pot Tanah Liat Vertikal
Untuk yang satu ini, khusus untuk Anda yang memiliki lahan yang sangat minim. Ide menggantungkan pot tanah liat seperti desain di atas bisa Anda terapkan di balkon apartemen Anda. Anda bisa memilih tanaman sesuai dengan selera dan ditambah dengan beberapa aksesoris lainnya.

Taman Veritkal dengan Nampan
Gunakan baki plastik persegi panjang dan dibagi menjadi sel-sel penanaman, semuanya miring pada sudut 30 derajat dengan lubang bawah untuk drainase dan aerasi. Tanaman yang memiliki sistem akar dangkal, sangat cocok untuk nampan ini. Untuk tanaman yang lebih besar, Anda tinggal memperbesar ukuran nampannya.

Gunung Sepikul Sukoharjo Di-Lockdown, Goweser Kecele Tak Bisa Selfie

Standalone Wall
Jika tidak ada dinding yang bisa dimanfaatkan, saatnya membuat standalone wall sendiri untuk taman vertikal Anda. Anda tinggal mengaitkan pot-pot kecil ke kawatnya dan menanaminya dengan bunga kesukaan.

DIY Wallplanter

DIY Wallpanter (countryliving.com)

Dinding putih dan polos Anda terasa membosankan? Saatnya berkreasi dengan tanaman vertikal. Anda bisa merancang sendiri kawat sebagai pengait pot atau meniru desain taman mungil dan minimalis di atas.

Taman Gantung dari Pipa Tembaga
Pipa tembaga memiliki warna unik yang akan sangat cantik dijadikan penggantung tanaman Anda. Tambahkan aneka tulisan untuk menunjukkan personality Anda. Benang warna-warni yang ditata sedemikian rupa juga menjadi pemanis yang membuat taman vertikal Anda tampil fun dan menyegarkan mata.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya