SOLOPOS.COM - Ilustrasi menata kamar tidur agar lebih cerah (freepik)

Solopos.com, JAKARTA – Menghias kamar yang letaknya tidak mudah terkena sinar alami dari cahaya matahari karena terletak di lantai dasar, tidak berjendela, atau berukuran sempit memang tidak mudah. Namun, dengan dekorasi yang tepat bisa membuat kamar lebih nyaman dan menyenangkan. Dikutip dari curbed.com, penggunaan lampu hias yang dihadapkan ke cermin bisa membuat kamar yang sempit dan gelap lebih cerah dan bercahaya. Ini dia sembilan tipsnya.

1. Gunakan Lampu Besar
Jika ruangan tidak terlalu kecil dan masih bisa meletakkan hiasan berukuran besar, jangan ragu untuk menggunakan lampu besar seperti lampu gantung yang berdesain unik. Lampu tersebut nantinya tidak hanya menerangkan ruangan, tapi juga membuat ruangan terkesan lebih ceria.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

2. Pintar Memilih Lampu
Tidak ada yang lebih menyedihkan dari lampu kamar yang redup, apalagi saat sedang ingin bersiap mengganti baju dan pergi. Agar cahaya di kamar lebih terang, pasang lampu berdekatan dengan cermin dan gunakan hiasan lampu yang tidak menghalangi cahaya agar kamar tidak terasa redup.

Baca Juga: Multifungsi, Ini Tips Menata Kamar Anak Agar Nyaman

3. Pilih Lokasi Pemasangan Lampu yang Tepat
Selain lampu utama yang ada di langit-langit kamar, tambahkan lampu ekstra di beberapa titik strategis di sekitar kamar supaya kamar lebih terang. Alih-alih menggunakan lampu hias yang diletakkan di lantai, coba tambahkan lampu hias di dekat Kasur atau meja kerja.

4. Coba Gunakan Lampu Lengkung
Jika tidak ingin melubangi bagian plafon kamar, coba gunakan lampu busur yang bisa membuat cahaya terasa lebih dekat dan bisa membaut seluruh ruangan makin terang dan cerah.

5. Coba Gunakan Lampu Lengkung
Jika tidak ingin melubangi bagian plafon kamar, coba gunakan lampu busur yang bisa membuat cahaya terasa lebih dekat dan bisa membaut seluruh ruangan makin terang dan cerah.

Coba Gabungkan Beberapa Konsep

6. Gunakan Cermin Besar
Desainer interior Chicago Olga Ratajski mengatakan bahwa menggantungkan cermin di ruangan yang redup bisa membuat ruangan tersebut lebih terang. “Cermin memantulkan cahaya dan membuat ilusi kamar yang lebih luas,” kata Ratajski. Jika punya jendela di kamar, gantungkan cermin berhadapan dengan jendela supaya cahaya yang masuk dair jendela bisa terpantul di cermin.

7. Cat Langit-langit Kamar dengan Cat Glossy
Cat yang hasil akhirnya glossy atau mengkilap akan membuat cahaya lebih mudah memantulkan cahaya dari luar dibandingkan dengan menggunakan cat yang berhasil akhir matte.

Baca Juga: Inilah Tren Desain Interior 2021 Menurut Para Ahli

8. Berani Mendekorasi Ruangan
Desainer interior Edyta & Co., Edyta Czajkowska menuturkan bahwa salah satu hal yang bisa membuat kamar yang redup agar lebih cerah adalah dengan menggabungkan beberapa aksen arsitektur atau warna supaya kamar lebih menarik dan cerah.

“Lampu hias yang diletakkan di langit-langit kamar atau rak buku yang dicat dengan warna terang akan memberikan kesan ruangan yang lebih cerah. Begitu pula dengan penggunaan wallpaper bercorak warna-warni yang membuat ruangan terasa lebih ceria dan nyaman,” paparnya.

Senada, desainer interior Agam Riadi mengatakan saat ini adalah saat yang tepat untuk lebih kreatif dalam mendekorasi kamar. Gabungkan beberapa gaya seperti modern dengan vintage yang menimbulkan kesan unik dan tetap cerah.

9. Gabungkan Gaya
Jangan membatasi diri dengan hanya menaruh satu lampu gantung atau lampu hias di kamar. Jika punya lebih banyak variasi lampu hias selain lampu utama, kamar akan terasa lebih nyaman.

“Jika ingin menghilangkan rasa suram dalam kamar yang cahayanya redup, gunakan pencahayaan dari berbagai sumber, seperti lampu sconce, lampu lantai, lampu meja, dan lampu hias lainnya,” kata Czajkowska.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya