SOLOPOS.COM - Cinta Kuya mengadakan undian tiket BTS untuk followers-nya (Instagram @cintakuya)

Cinta Kuya menjadi korban bully netizen gara-gara mengadakan sayembara berhadiah tiket konser BTS secara gratis.

Solopos.com, SOLO – Kebebasan mengakses Internet belakangan ini justru kerap dimanfaatkan untuk melakukan tindakan tidak terpuji dan menyebar kebencian. Perbuatan itu pada akhirnya membuat salah satu pihak merasa dirugikan, seperti yang terjadi pada anak presenter kondang Uya Kuya, Cinta Kuya.

Promosi Mendamba Ketenangan, Lansia di Indonesia Justru Paling Rentan Tak Bahagia

Baru-baru ini, Cinta menjadi korban bully sejumlah penggemar boy band asal Korea Selatan, Bangtan Boys (Bangtan Sonyeondan/BTS), yang biasa dikenal dengan nama A.R.M.Y. Ia menjadi sasaran bully seusai menyampaikan niatnya membagikan tiket konser The Wings Tour 2017 BTS Live Trilogy Episode III di Indonesia Convention Exhibition, Jakarta, Sabtu (29/4/2017) mendatang, secara gratis kepada followers-nya.

Guna memenangkan hadiah tersebut, Cinta memberi syarat kepada khalayak Internet (netizen) untuk mengikuti akun Instagram, @cintakuya, dan berlangganan saluran Youtube miliknya. Setelah itu, netizen diharuskan menjawab pertanyaan yang diajukan Cinta melalui sebuah video di saluran Youtube pribadinya.

Pengumuman pemenang undian tiket konser BTS (Instagram @cintakuya)

Pengumuman pemenang undian tiket konser BTS (Instagram @cintakuya)

Sayangnya, niat baik Cinta malah berujung petaka. Beberapa netizen justru termakan berita hoax yang menyebutkan Cinta telah melakukan penipuan. Tak hanya itu, ada pula yang menuduhnya diperlakukan istimewa oleh pihak promotor konser tersebut.

Berbagai cibiran itu akhirnya membuat Cinta sedih. Hal itu diketahui dari video singkat yang diunggah di Instagram ayahnya, @king_uyakuya, Selasa (25/4/2017). Dalam video tersebut, ia yang biasanya selalu terlihat riang gembira tampak menangis tersedu-sedu karena tak sanggup menahan kesedihan akibat berbagai cibiran yang dialamatkan kepada dirinya. Saking sedihnya, ia bahkan sampai tidak mau makan.

“Jangan nangis lah kak. Enggak usah dipusingin orang-orang kayak gitu. Kan cuma beberapa oknum doang,” ujar Uya yang berusaha menenangkan putrinya.

Lebih lanjut, Uya meminta anaknya tidak menghapus cibiran tersebut. Menurutnya, capture komentar itu bisa dijadikan bukti kuat untuk melaporkan kasus tersebut ke pihak kepolisian.

“Jangan dihapus komentar kayak gitu. Kita capture aja. Kan mereka malu sendiri. Udah jangan nangis, laporin polisi. Fitnah itu ada pasalnya kok, bisa dipenjara,” sambung Uya.

Oknum2 anak2 jaman sekarang pd diajarin apa yah sama orang tuanya. Anak seumur @cintakuya bisa2 pada difitnah dan di-bully lewat sosmed cuma karena hoax dan hasutan yah, sampe nangis sesenggukan. Belom pernah pd kena batunya kalo emak bapaknya turun tangan ye,” tulis Uya pada keterangan video.

Tak sampai di situ saja, melalui kolom komentar, Uya menjelaskan kronologi kejadian buruk yang menimpa anak sulungnya itu. Ia menegaskan jika Cinta menjadi korban fitnah pihak yang tak bertanggung jawab.

“Kita beli tiker 4 red dan 2 purple lewat Internet tgl 4 April dan 2 di antaranya dipersembahkan sbg give away untuk para Army. Tapi, dari mana yah tiba2 ada fitnah 22 tiket fast track? Fitnah ini sudah saya telusuri. Provokatornya hati2 kalo berbicar. Mulutmu harimaumu, dan terima kasih untuk para Army yang cerdas dan tidak terprovokasi untuk berita bohong,” tulis Uya pada komentar seperti yang terlihat pada unggahan @lambenyinyir.

Penjelasan Uya Kuya tentang bullying yang menimpa anaknya (Instagram @lambenyinyir)

Penjelasan Uya Kuya tentang bullying yang menimpa anaknya (Instagram @lambenyinyir)

Lebih lanjut, Uya menjelaskan Cinta mendapat bonus satu tiket lewat undian. Ia tidak menyangka keberuntungan sang anak justru dipandang sebagai sesuatu yang salah oleh segelintir netizen.

“Dari 6 tiket yang saya beli, kebetulan Cinta beruntung dapat 1 tiket untuk apalah itu namanya sound chek lewat undian, apa itu salah karna Cinta anak saya? No! Itu rejeki dia sebagai anak yang tulus, berbudi, dan bermoral, tidak seperti anak2 sekarang yang mulutnya gak bisa dijaga. Kasian orang tua kalian nak,” sambung dia.

Meski sempat di-bully, Cinta tetap melanjutkan niatnya membagikan dua tiket konser seperti yang telah dijanjikan. Ia mengumumkan pemenang undian tersebut melalui akun Instagramm-nya. Unggahan itu tentu saja membuat sejumlah A.R.M.Y lainnya bersedih. Mereka kemudian melontarkan berbagai dukungan kepadanya melalui kolom komentar.

“Cinta kamu harus kuat, ga boleh nangis. Aku tau kok niatmu baik. Tapi ada aja orang yang gak suka. Jangan dengarkan kata mereka, semangat,” tulis @hannyyzz.

“Abaikan omongan Army labil ya cinta. Masih banyak yang dukung kamu kok, semangat,” imbuh @trisnaning28. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya