SOLOPOS.COM - Petugas berupaya mengevakuasi korban yang tangannya terjepit mesin pencacah daging bakso, Jumat (29/10/2022). - Istimewa/dok. BPBD Bantul

Solopos.com, BANTUL — Telapak tangan dan jari-jari tangan kiri remaja bernama Alvaro, 18, nyaris hancur setelah masuk ke mesin penggilingan daging pembuatan adonan bakso. Kejadian itu terjadi di Dusun Karasan, Kalurahan Palbapang, Kapanewon Bantul, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jumat (28/10/2022) sore.

Kepala Bidang Pemadam Kebakaran Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bantul, Irawan Kurnianto, mengatakan kejadian kecelakaan kerja itu diketahui ketika pemilik penggilingan daging bernama Achmad Faisol memberitahukan kepada warga. Kemudian warga melaporkan kejadian itu kepada BPBD Bantul untuk meminta pertolongan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Pemilik penggilingan daging untuk adonan bakso meminta tolong warga untuk datang ke Pos BPBD Bantul untuk melaporkan kejadian kecelakaan kerja dan meminta bantuan menolong korban,” jelas dia, Minggu (30/10/2022).

Setelah mendapatkan laporan warga, petugas pemadam kebakaran kemudian menerjunkan delapan anggota yang dipimpin oleh Khamdani untuk memberikan pertolongan kepada korban. Selain itu Tim Reaksi Cepat (TRC) dan petugas PSC 119 juga tiba di lokasi kejadian untuk membantu evakuasi korban.

Setelah tiba di tempat penggilingan daging, petugas pemadam kebakaran kemudian berusaha untuk menolong korban yang saat itu telapak tangan dan jari-jari korban sudah masuk dalam mesin penggilangan.

Baca Juga: Jalan Jogja-Wonosari Bukit Bintang Longsor, Kemacetan Capai 3 Kilometer

”Untuk mengevakuasi telapak tangan dan jari-jari korban akhirnya petugas menggergaji mesin penggilingan kemudian dipecah dengan alat,” ucap dia.

Setelah bagian penggilangan daging terbuka akhirnya tangan kiri korban  bagian telapak tangan dan jari-jari berhasil dievakusi. Hanya saja, kondisi telapak tangan dan jari-jari korban memang sudah nyaris hancur.

“Saat dievakuasi bahkan banyak darah yang berceceran dari telapak tangan dan jari-jari korban, empat jari-jari hancur,” jelasnya.

?Setelah berhasil mengevakuasi tangan korban, selanjutnya korban dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan medis. Proses evakuasi korban kurang lebih membutuhkan waktu sekitar satu jam.

Baca Juga: Ditabrak Truk di Jl. Parangtritis Bantul, Kakek Pengayuh Becak Meninggal

Lebih lanjut Irawan mengatakan dari hasil keterangan pemilik penggilingan adonan bakso, saat itu korban sedang menggiling daging, tetapi tanpa sengaja tangan korban masuk dalam mesin penggilingan daging.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Bikin Bakso, Tangan Kiri Pria Ini Malah Ikut Masuk ke Mesin Penggilingan Daging

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya