Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Bikin Nagih, Ini Menu Masakan di Warung Pak Solet Makamhaji Kartasura

Setiap pelanggan Warung Pak Solet yang datang dibuatkan masakan satu per satu di kompor dua tungku.
SHARE
Bikin Nagih, Ini Menu Masakan di Warung Pak Solet Makamhaji Kartasura
SOLOPOS.COM - Pemilik Warung Pak Solet, Wiwik, 62, menyiapkan menu masakan pelanggan di Benowo, Makamhaji, Kartasura, Sukoharjo, Rabu (29/6/2022). (Solopos/Magdalena Naviriana Putri)

Solopos.com, SUKOHARJO — Warung makan Pak Solet di Benowo, Makamhaji, Kartasura, Sukoharjo, menyediakan aneka menu masakan jawa. Pengunjung bisa menikmati tahu acar, sup, hingga capjae dengan harga cukup ramah di kantong.

Pemilik Warung Pak Solet, Wiwik, 62, mengungkapkan setiap pelanggan yang datang dibuatkan masakan satu per satu di kompor dua tungku. Di warungnya, dia menawarkan menu yang dibanderol dari harga Rp8.000 hingga Rp15.000 per porsi.

PromosiRekomendasi Merek Jeans Terbaik Pria & Wanita, Murah Banget!

Wiwik yang juga bertugas sebagai koki di warung itu mengaku telah berjualan sejak seperempat abad lalu. “Kalau saya sudah 25 tahunan tapi kalau dihitung zaman ibu saya dulu ya sudah lama banget. Mungkin 50 tahunan sudah lebih,” katanya saat ditemui Solopos.com di warungnya, Rabu (29/6/2022).

Pada Rabu itu, Wiwik terlihat sibuk memasak sembari duduk. Dia menyajikan pesanan pelanggan dengan cekatan. “Kalau untuk makanan biasanya yang paling banyak diminati pengunjung capjay sama sop,” urainya sambil terus memasak.

Dijelaskan dia, untuk menu tahu acar pengunjung hanya perlu membayar Rp8.000 per porsi. Sementara untuk nasi goreng, bakmi godog atau goreng, dan capjay telur dibanderol dengan harga Rp13.000 per porsi. Sedangkan per porsi capjay istimewa maupun paklay dipasang harga Rp15.000.

Baca juga: Tantangan Mi Ayam Jumbo Bu Piyati Boyolali: Makan 3 Porsi Habis, Gratis

Kemudian jika pembeli menginginkan nasi sup hanya perlu membayar Rp12.000/porsi. Selain aneka masakan jawa, Warung Solet juga menyediakan minuman seperti teh dan air jeruk, serta jamu seperti beras kencur, kunyit asem, dan gula asem.

Meski lokasinya terbilang ndelik atau tersembunyi di tengah permukiman, warung yang minim lahan parkir itu selalu dipadati pengunjung. Pelanggan warung Solet, Siti Tatqiroh, 46, mengaku telah beberapa kali singgah di warung itu. Dia bahkan merekomendasikan warung itu kepada beberapa rekannya.

“Dulu tahu tempatnya dari teman daerah sekitar Gentan. Ngasih tahu saya, terus diajakin ke sini. Jadi sering balik ke sini lagi ngajakin teman-teman juga. Di samping harganya yang tidak mahal, standar murah lah, dan rasanya pas. Kalau saya menu favorit di sini yang pasti yang berkuah,” kata dia.

Baca juga: Beli Sayur di Warung Rudy 21 Mojolaban Sukoharjo Pakai Nomor Antrean

Pengunjung lainnya, Amir, 38, mengaku mengetahui lokasi Warung Solet dari mulut ke mulut. “Ini baru pertama kali diajakin ke sini, tadi diajakin teman. Masaknya natural ya, jawa banget. Sesuai selera. Ini baru satu menu yang saya cicipi jadi tidak bisa berkomentar banyak, tapi kemungkinan akan kembali lagi mencoba menu yang lain,” kata dia di sela-sela menikmati hidangan.

 



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Part of Solopos.com
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode