SOLOPOS.COM - Ilustrasi menata ruang hunian nyaman minimalis (freepik)

Solopos.com, JAKARTA -- Hunian nyaman tentunya menjadi idaman setiap penghuni rumah. Tak hanya nyaman, sebagian penghuni rumah juga menginginkan tempat tinggalnya menarik.

Untuk mewujudkan hunian yang nyaman sekaligus menarik dari sisi interior, kamu harus memahami dulu beberapa kaidahnya.  Ada kaidah desain yang perlu dipahami terlebih dahulu oleh para pemilik rumah, yakni sisi fungsional dari setiap furnitur maupun aksesoris dekorasi ruangan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Desainer interior, Agam Riadi, mengatakan dalam kaidah desain harus ada kesesuaian fungsi dan proporsi yang tepat antara ruangan dan furnitur yang digunakan. Jangan sampai terlalu berlebihan. Misalnya saja, ukuran ruang tamunya terbilang kecil tetapi menggunakan sofa ukir yang berukuran besar.
Memang secara penampilan furniturnya menarik dan mewah. Tetapi hal itu tidak tepat karena terkesan memaksa dan membuat ruangan justru menjadi terlihat semakin sempit.

Baca Juga: Sepakat Dengan Pemerintah Soal Limbah Batu Bara Bukan B3, Peneliti LIPI: Justru Bernilai Ekonomi Tinggi

Setelah memahami kaidah desain, penghuni rumah harus menentukan konsep desain arsitektur yang akan diaplikasikan. Apakah menggunakan style modern, minimalis, etnik klasik, urban atau tropikal, atau skandinavia. “Desain arsitektur rumah biasanya dibuat sesuai dengan identitas karakter dari pemiliknya,” tuturnya seperti diberitakan Bisnis.com.

Ketika sudah mengetahui konsep desain rumah, barulah mulai masuk ke detail pemilihan komposisi warna, furnitur, aksesoris dekorasi, dan lain sebagainya. Tentu saja detail tersebut harus disesuaikan dengan konsep desain rumah yang dipilih. Misalnya, sang penghuni memilih menggunakan style American Classic. Sehingga pemilihan warnanya lebih dominan warna-warna lembut seperti putih dan krem, gaya penataan, dan detailnya semua harus disesuaikan dengan gaya American Classic.

Warna Dinding dan Furnitur Lebih Netral

Begitu pula furniturnya memiliki ciri berukir dan berukuran besar sehingga meninggalkan kesan classic nan elegan. Namun, jika konsep yang dipilih adalah hunian tropikal dengan desain modern minimalis maka furitur yang dipilih lebih simpel dengan dominasi warna-warna yang hangat. Material yang digunakan juga lebih banyak mengandung unsur alam, seperti bebatuan atau kayu yang berbau natural dengan ornamen bambu.

Pemilihan warna dinding dan furnitur cenderung lebih netral dan hangat, bisa juga bermain dengan warna cokelat, hijau, biru laut, maupun putih. Untuk menambah kesan sejuk dan menenangkan, rumah juga diberi tambahan akses tanaman di dalam ruangan. Dengan bentuk ruangan yang lebih terbuka.

Baca Juga: Desain Dapur Rumah Minimalis Ini Bakal Jadi Tren Tahun 2021

“Mendesain rumah itu seperti melukis saja. Setelah ada kanvasnya lalu kita tentukan mau menggambar apa. Setelah itu lukis bagian-bagian yang ingin dilukis tambah detail dan warnanya sehingga menjadi gambar yang menarik,” tuturnya.

Masih ada hal lain yang tak boleh terlupakan dalam mendesain rumah. Yaitu detail dekorasi dan aksesori interior yang telah menjadi salah satu unsur terpenting dalam penataan ruangan. Hal ini penting sehingga nuansa hunian kita akan berbeda dibandingkan hunian lainnya. Dekorasi dan aksesori membuat rumah lebih menarik saat difoto atau jadi instagramable.

Baca Juga: Hadrian X, Robot Tukang Batu Bisa Bikin Rumah Kurang Dari 3 Hari

Pilih Aksesori Berdasar Karakter

Detail aksesori dan dekorasi biasanya dipilih berdasarkan kesukaan atau karakter dari masing-masing pemilik rumah. Beberapa detail yang bisa diletakkan di dalam desain interior rumah antara lain lukisan, pernak pernik, tanaman, sarung bantal, karpet, cermin, pajangan, figura foto.

Misalnya, jika sofa yang dipilih berwarna polos maka cari sarung bantal yang ada lukisannya. Tips itu akan memberi sedikit kontras yang membuatnya lebih hidup dan saat difoto di kamera secara penampilan lebih bagus.

Mendesain rumah tak melulu soal konsep. Selain itu masih ada langkah berikutnya yaitu menata dengan baik, penataan furnitur dan aksesori. Tanpa aksesori, rumah masih kayak jomplang. "Sehingga harus ada aksesori sebagai aksen atau detail interior. Dengan demikian rumah akan lebih nyaman ditempati karena secara proporsi sudah pas. Dan secara desain juga menarik serta bisa dijadikan sebagai spot foto atau istilahnya instagramable,” terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya