SOLOPOS.COM - Baliho konser penyanyi Raisa dan Vina Panduwinata terpampang di Jalan Palagan Tentara Pelajar, Sleman, sejak 4 Oktober 2017. (Harian Jogja/Bernadheta Dian Saraswati)

Akhir tahun menjadi momentum bagi hotel menunjukkan kebolehan menggamit artis papan atas Tanah Air

 

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Harianjogja.com, JOGJA-Akhir tahun menjadi momentum bagi hotel menunjukkan kebolehan menggamit artis papan atas Tanah Air. Hotel pun beradu cepat memesan pesohor untuk mengisi acara tutup tahun.

Medio September 2017, Venta banyak menghabiskan waktunya di hotel. Hari-harinya selama dua pekan itu dipenuhi rasa deg-degan. Ia menunggu kepastian yang akan berpengaruh besar terhadap pamor Hotel Tentrem, tempatnya mencari nafkah sebagai public relations manager.

Hotel bintang lima itu berencana mendatangkan Raisa dan Vina Panduwinata untuk mengisi acara malam tutup tahun, 31 Desember 2017 besok. Dua biduan kondang beda generasi itu dipilih setelah manajemen menyeleksi lebih dari 20 penyanyi papan atas Indonesia. Reputasi artis serta kualitas off air jadi pertimbangan utama.

Vina dipilih karena sudah memiliki standar pertunjukan yang jauh dari penyanyi lain. Totalitas dan kemampuannya di panggung sudah tidak diragukan lagi. Pelantun Burung Camar ini bersedia mengisi acara konser di Tentrem. Ia bahkan  mengajak drummer dan disjoki untuk mengiringi penampilannya.

Raisa adalah bintang baru. Suara merdunya sangat populer, acap terdengar di radio, kafe, maupun pusat perbelanjaan. Belakangan dia terus menjadi sorotan publik setelah menikah dengan pengusaha, aktor dan presenter acara petualangan di televisi, Hamish Daud, tiga bulan lalu.

“Raisa ini yang bikin saya deg-degan banget. Masalahnya kan dia lagi honeymoon [bulan madu], jadi nunggu keputusannya kalau dia sudah pulang,” kata Venta, Sabtu (23/12/2017).

Semakin lama Raisa memberi keputusan, kesempatan Hotel Tentrem menggamit penyanyi ternama kian kecil. Mendekati Desember, para penyanyi masyhur sudah menjadi rebutan. Mereka banjir tawaran baik dari hotel, mal, maupun perusahaan. Apalagi, alternatif penyanyi yang diincar Hotel Tentrem sudah keburu digandeng hotel lain.

Once Mekel dan Isyana Sarasvati misalnya, sudah lebih dulu dipesan Hotel Royal Ambarrukmo. Tompi, sudah menerima job menyanyi di sebuah hotel di Karawang. Tiga Diva, salah satu personelnya sudah mengisi Tahun Baru di tempat lain. Kahitna dan Yovie juga punya acara di hotel lain. Begitu juga dengan Trio Lestari,  Judika, dan Ari Lasso.

Mujur bagi Venta. Sebelum baliho promosi perayaan malam Tahun Baru 2018 di Hotel Tentrem dipasang di titik-titik keramaian, Raisa akhirnya mengiyakan tawaran manggung di hotel milik pengusaha jamu tersebut. Venta enggan menyebut berapa rupiah yang harus dibayarkan kepada Raisa.

“Tetapi yang jelas, bayarannya naik sampai empat kali lipat dari hari biasa.”

Bujet hotel otomatis membengkak. Namun bisa mendatangkan orang terkenal yang sedang naik daun mendatangkan keuntungan dalam jangka panjang. “Ini menambah portofolio kami,” kata perempuan bernama lengkap Adventa Pramushanti ini.

Imaji tentang Jogja
Ketika Hotel Tentrem sempat ketir-ketir menunggu jawaban artis, hotel bintang lima lain, Royal Ambarrukmo, sudah lebih dulu menentukan pilihan. Pada Juni 2017, hanya dalam kurun sepuluh hari, manajemen hotel sudah mencapai kata sepakat dengan Once dan Isyana Sarasvati tentang jadwal konser berikut kontrak pembayaran. Kriterian yang ditetapkan Royal Ambarrukmo adalah penyanyi atas, sedang beken, berkarakter, dan tak memiliki catatan kriminal.

Public Relations Manager Royal Ambarrukmo Yogyakarta Hotel, Khairul Anwar, mengatakan Jogja masih diminati para artis untuk roadshow dan konser meski banderol manggung jauh berbeda dengan Ibukota.

Imaji tentang Jogja di kalangan artis sangat menguntungkan bagi pengelola hotel karena mereka tak perlu kesusahan membujuk. Menurut Khairul Anwar, banyak artis yang suka mendapat panggilan ke Jogja, suka makanan Jogja, dan suka suasana Jogja sehingga ketika ditelepon, mereka langsung menerima tawaran.

“Mereka adalah berlian bagi kami. Sesuatu yang layak dibanggakan dan dikenang,” kata dia.

Hampir semua hotel berbintang di Jogja memanfaatkan kemudahan tersebut. Grand Ambarrukmo memanggungkan RAN, Hotel The Rich menampilkan jebolan Indonesian Idol, Firzha, dan The Alana Yogyakarta Hotel mempertunjukkan The Dance Company. Sementara, Hyatt Regency Yogyakarta justru memilih suasana baru.

Hotel bintang lima ini memilih seniman lokal bernama Purjito kendati tahun-tahun sebelumnya Hyatt selalu mendatangkan artis terkenal.

“Orang lokal seharusnya juga mendapatkan tempat yang sama seperti artis Ibu Kota saat malam tahun baru,” ucap Asisten Public Relations Hyatt Regency Yogyakarta, Precy Setyadhika Permata.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya