SOLOPOS.COM - Pembalap muda asal Gunungkidul, Veda Ega Pratama (kanan), meraih podium ketiga pada seri perdana IATC 2022 di Qatar. (Instagram @asiatalentcup)

Solopos.com, GUNUNGKIDUL — Pembalap muda asal Gunungkidul, Veda Ega Pratama, 13, berhasil meraih podium di ajang Idemitsu Asian Talent Cup (IATC) 2022 di Sirkuit Losail, Qatar, Minggu (7/3/2022). Veda menjadi juara ketiga dalam balapan kedua.

IATC adalah sebuah kompetisi yang dikelola oleh Dorna Group yang merupakan penyelenggara MotoGP. Pada IATC 2022 seri perdana juga digelar berbarengan dengan MotoGP. Pada balapan di Sirkuit Losail, Qatar, IATC digelar lebih dulu dibanding MotoGP.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Ada 20 pembalap yang bersaing dalam IATC 2022 ini yang berasal dari berbagai negara. Indonesia menempatkan empat wakil, salah satunya Veda Ega Pratama, remaja dari Wareng, Wonosari, Gunungkidul. Bocah kelahiran 23 November 2008 ini berhasil menorehkan prestasi apik dengan meraih podium ketiga di race kedua.

Baca Juga: GP Qatar Selesai, Saatnya MotoGP Berlanjut ke Sirkuit Mandalika

Berkat prestasi ini, bendera Merah Putih berkibar di sirkuit Qatar. Meski berstatus debutan, Veda tidak ciut nyali karena mampu bersaing dengan pembalap lainnya. Kegagalan finis di race pertama akibat terjatuh karena senggolan dengan pembalap lain dibayar lunas di race kedua.

Mengawali lomba di baris ketiga atau tepatnya di urutan ketujuh, Veda membuat start yang bagus sehingga mampu merangsek ke depan dan ikut bersaing memperebutkan podium juara. Konsistensi ini berlanjut lap demi lap hingga menembus peringkat kedua.

Namun di lap 12 saat melintasi tikungan, ia membuat sedikit kesalahan hingga motor yang ditunggangi nyaris tergelincir. Mujur, Veda bisa menguasai keadaan sehingga tidak terjatuh dan tetap bisa melanjutkan lomba.

Meski demikian, posisinya harus melorot ke urutan kelima. Tak patah arang dengan kesalahan ini, Veda menggeber tungangannya di dua lap terakhir. Konsistensi dan kegigihannya terbayarkan dengan baik. Ban depan motornya menyentuh garis finis di urutan ketiga.

Pemenang di race kedua ini adalah Amon Odaki yang berasal dari Jepang. Kemudian di posisi kedua ada Hamad Al-Sahouti dari Qatar.

Ayah Veda, Sudarmono, mengaku senang dengan prestasi yang ditorehkan buah hatinya. Momen ini tambah spesial karena balapan IATC merupakan kejuaraan perdana di luar negeri. “Saya tidak menemani. Kebetulan juga mengurusi balapan di Surabaya dan baru pulang Senin petang,” kata Darmono kepada wartawan, Selasa (8/3/2022).

Komunikasi

Meski harus berjuang sendiri di luar negeri, ia terus berkomunikasi dengan Veda. Saat anaknya terjatuh di race pertama, Darmono terus memberikan semangat melalui sambungan telekomunikasi.

Sebagai mantan pembalap Asian Super Sport, ia bisa menganalisis anaknya kurang tenang. Darmono dapat memakluminya dan mencoba memberikan tips untuk bisa tampil maksimal di suatu kejuaraan.

“Kuncinya harus tenang dan tetap fokus. Balapan bukan hanya menyangkut kecepatan, tapi juga ada strategi yang harus dijalankan dengan baik,” katanya.

Baca Juga: Tiket Hari Terakhir MotoGP di Sirkuit Mandalika Ludes Terjual

Menurut dia, keberhasilan untuk bisa meraih podium terletak pada start lomba. Sebisa mungkin, sambung Darmono, saat lomba dimulai bisa melaju kencang sehingga bersaing di urutan depan. Persaingan di baris depan lebih aman karena pembalap fokus mempertahankan posisi dan pertaruhan sesungguhnya baru diperlihatkan di dua lap terakhir balapan.

“Kalau tidak bisa mendapatkan posisi depan, kamu akan menemukan pembalap yang ngawur dan risiko tabrakan lebih tinggi. Buktinya di race pertama terjatuh karena disenggol dari belakang,” katanya.

Ia memuji penampilan Veda pada balapan kedua. Kesalahan-kesalahan yang dilakukan di balapan pertama bisa diperbaiki sehingga dapat tampil lebih maksimal di kesempatan kedua ini. “Masih ada lima balapan lagi untuk menyelesaikan IATC 2022. Kami tidak mematok target yang tinggi karena untuk memberikan pengalaman bertanding lebih banyak bagi Veda,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya